i miss you both, sampak&ngerco!

Aku kangen banget ama tempat ini. Cukup isi bensin full, nyetir motor dua jam ajah, matiin hape berhari-hari dan ga peduli dg siapapun. Di tempat ini, saat semua ucapan yg aku dengar adalah jujur, saat tatapan yg aku lihat adalah tulus, saat omelan2 dan larangan2 tak mampu aku untuk tidak menghiraukannya.
Pagi nya, kalo lagi pasaran, aku ke pasar, lihat mereka bertransaksi. Aku suka beli gendar. Apalagi kalau bumbunya pedes. Bapak sukanya tempe besengek, kadang bapak bisa habis dua bungkus loh. Bungkusnya pakai daun jati. Ah, kalau kalian tau, masih ada loh makanan dijual dg bungkus daun jati :D. Kalau mama, suka bunga apa yaa aku lupa namanya, suka ada dalam pecel entah apa namanya.
Aku kadang kesini sendirian, pakai maung si motor kesayangan. Dua jam ajah, sampe deh. Kalau mau turun (pulang), tobat deh, aku gamau ngebut, ga berani lagi, hahaaa. Pagi disana sering ada kabut, masih dingin! Apalagi kalo naek makin ke atas, kaya tempat aku ambil poto itu. Bapak suka ajak aku naek ke atas sana, manjatin batu2, bapak menyebutnya; nyari matahari. Katanya, "biar ga dingin, naek makin ke atas biar kena matahari". Daaan heii engkau yang tinggal disana, nanti aku kesana, aku kangen loh dicium pipiku. Kangen juga ngomelin mbah kalo kbanyakan ngeroko :D. Dan engkau juga, yang nisan nya jarang aku kunjungi, semoga doa-doa kami dari sini selalu sampai :)

Published with Blogger-droid v2.0.10

Sam...

"ga selamanya bokap lo ada, Ve. sama, gue juga. ga selamanya gue ada. makanya lo harus bisa jaga diri yaa.." - [Sambu Kiandrahata, 2005].

kepala gue sakit, satu minggu temenan ama kopi, makin hari makin parah jumlah kopi yang gue minum. gue ga pernah bisa tidur cepet kaya biasa. mimpiin lo, Sam, sama persis kaya yang dulu lo pernah bilang. gue bangun dan butuh waktu lama buat bisa tidur lagi. semua bagian kepala gue jadi sakitt. lo baik-baik aja disana? bokap gue masi disini, Sam, masi ada di deket gue. tapi lo baik-baik aja kan? lo pasti bisa bebas maen layangan disana kan. lebih luas dan lapang tempat lo sekarang, dan ga ada yang ngelarang lo maen layangan lagi.

Published with Blogger-droid v2.0.10

ini gelasanku

Gelasanku tak akan menyerah pada benang lawan. Akan tetap erat berada di genggaman tanganku, sekaligus menjagamu dari angin. Saat engkau terbang, jauh di atas sana, saat ada banyak yang mampu kau lihat dari ketinggian, saat angin mungkin mampu menjauhkanmu dariku. Disini, aku akan tetap menggenggam erat gelasanku, meski kadang perih terasa di telapak tanganku.
Tuhan mungkin marah, aku tak juga melepaskan benang, agar layanganku dapat terbang jauh lebih tinggi dan ditemukan oleh pemilik baru. Tuhan mungkin bosan, mendengar pintaku yang itu-itu saja. Mereka bahkan sudah marah, sudah bosan, ketika aku tetap diam ketika ditanya mengapa tetap bermain dengan segulung gelasan, ketika aku malah pergi ketika mereka minta aku menaruh benda yang selalu aku pegang, gelasanku.
Taukah engkau, ini bukan perkara siapa pemilik barumu nanti. Bukan juga tentang kecemasanku apakah kau akan robek tercabik ranting pohon ketika lepas dari gelasanku. Sama sekali bukan tentang seberapa lama aku mampu bertahan. Ini tentang aku, yang tidak pernah bisa jauh darimu.

Published with Blogger-droid v2.0.10

selamanya

Rabbighfirlii..
Warhamni..
Wajburnii..
Warfa’nii..
Warzuqnii..
Wahdinii..
Wa’Aafinii..
Wa’fuannii..

Dalam sehari, berapa kali aku mohonkan ini padaMu ya Rabb.. Jangan bosan yaa, karena aku akan terus memintanya padaMu.. Rabbighfirlii.. Warhamni.. Wajburnii.. Warfa’nii.. Warzuqnii.. Wahdinii.. Wa’Aafinii.. Wa’fuannii..

Published with Blogger-droid v2.0.10

matahari bertemu bulan hanya saat gerhana

Entah ada angin apa, tetiba si temen yang udah lama ga ketemu ni kirim text message yang bikin aku kaget bacanya. Bunyinya; assalamualaikum, mik, sudah punya calon? / Calon apa ya? Hahahaa.. / Calon pendamping untuk nikah.
Aaa... Seperti disadarkan nih. Liat ini tanggal berapaa, Kaarr.. Hitung sudah berapa ribu hari kamu banyak habisin waktu buat dunia.. Belom juga pengen menyempurnakan separuh ibadah? Ah, menikah? Siapa yang ga pengen. Tapii siapaa yang ga pengen untuk ga salah piliih.. Teman aku yang alim ini, yang masih istiqomah dengan jilbab lebarnya, entah dia mimpi apa semalam sampe bisa tetiba sms begitu. Cukup bikin shock sekaligus ngingetin diri sendiri buat introspeksi dan bebenah diri. Hehee..
Ga lama kemudian aku jawap lagi text message nya; belum ada, ukht.. Malah baru inget lagi nih hehe / apa ada rencana dlm waktu dekat? / Heii, jujur, belum ada. Masi bebenah diri dan menunggu yang penyabar :) / yang seperti apa mik? / Yang tidak meninggalkan sholat dn puasa, sehingga terjaga dari mudarat. / Kalau ada yg begitu dan datang melamar, mau? --- Aku sempat lama diam. Bingung. Aku tau teman yang ini tidak pernah bermain dg lisan nya. Ah, entah pikiranku yang dangkal atow aku sedang kerasukan, lalu menjawab; mau, kalau siap mahar nya. / Apa maharnya? / Seperangkat alat sholat dan mesin cuci. / hahahaa ada-ada aja kamu. Kamu bisa beli banyak tanpa harus minta dlm bentuk mahar. Apa ada lagi? / Ada. / Apa mik? / Keistiqomahan nya dlm islam, dan satu lagi, aku pengen dia paham dan baca Ar Rahman saat akad. / Oke. / Oke apa? / Kalau jodoh, bulan dpn datang melamar.
Whattt?????? Kaget lah aku waktu itu!
Sekarang, setelah sebulan, si teman cantik ini lalu memberi kabar. Sebenarnya sudah tidak terlalu ingat, hehehe.. Katanya; mik, apa kamu mau kalau berhenti dari pekerjaan? / Apa ini menyambung obrolan kita bulan lalu? / Iya. Bersedia? / Afwan, belum bisa. / Gapapa ko. Mungkin akan berjodoh dg yang lebih baik.
Uwuwuwuwuw.. Jangan ngikutin sipatnya si Kartika yang banyak mau nya. Ada rasa sedih sedikit. Bukan karena tidak jadi dilamar, toh aku belum tau juga sebaik apa orangnya, belum tentu juga bapak cocok. Yang bikin sedih, kenapa untuk tidak bekerja di luar rumah jadi terasa begitu berat.. -,-

Published with Blogger-droid v2.0.10

happybirthday anaknyabapak..

Kalo taun kemaren Allah kasi hadiah bw buat aku, taun ini Allah kasi aku lulus sertipikasi yang ini. Mudahmudahan 2015 ato suatu saat entah kapan, Allah bakal kasi aku yang level A sbelum B nya.
Many thanks, God.. Makasii buat segala kebaikan yang Allah kasi, makasii uda jauhin aku dari hal2 buruk. Kalo aku bole minta bonus, tolong slalu lindungi mama sama bapak..

Published with Blogger-droid v2.0.10

if i could, i would

kamu harus ingat, ada aku. bakalan selalu ada. ada aku, yang ga bakalan pergi, meski kamu kehilangan segalanya. bukan segalamu yang membuatku ada, maka aku ga akan pergi saat engkau kehilangan segalanya.

[tita, yang dna nya identik denganmu]

aku kangen dan aku ga tau gimana cara menghentikannya

Tita kangen..
Kita udah lama ga ketemu kan.. Kenapa ga dateng lagi waktu aku lagi tidur.. Walopun ga bilang apa2, walopun cuma senyum.. Mbah harus tau, doa-doa mbah dikabulin ama Allah.. Tita disini sehat-sehat aja mbah, tita uda lulus kuliah, tita nurut dg apa yg bapak minta, tita sekarang uda kerja dan punya teman senior atasan yg baik semua, tita sekarang jatuh cinta sama disiplin ilmu yg ga pernah aku suka sebelumnya.. Tita ga kekurangan satu apapun..
Mbah ga pengen jengukin tita? Ga pengen liat tita sekarang? Tita kangeeen sama mbah.. Kangen sama kulit kriput mbah, sama senyum dan mata mbah, sama doa-doa mbah walopun ga mbah ucapin d depan aku.. Tita kangen mbah minta tita bukain bungkus permen kesukaan mbah, tita kangen mbah pegang pipiku sambil senyum ato ktawa ato sambil doain, tita kangen liatin mbah..
Baik-baik disana yaa, i love you. Semoga akan selalu ada lagi orang setulus mbah..

Published with Blogger-droid v2.0.10
senin kemarin, adalah hujan pertama sejak aku disini. sejak? emang itu hari pertama aku disini kaliii. oke, Jendral bener, disini, ga seenak disana. hahahaaa yaiyalaaa bukan rumahnya, bukan tanahnya. nyamannya juga beda. kalo masalah menyesuaikan lidah, gampang. makanan khas sini enak kok. yang ga enak tuh kalo harus sikat gigi pake air yang ga sejernih di rumah. uuhuuuuhuu... gimanaa gitu.
well, gini sih emang kalo pengen jadi pemeriksa, ya kudu siap. kita ga pernah tau entitas yang mau kita periksa ada dimana lokasinya. hahaha... macam orang pintar aja kau, Kar! aku ni masi oon banget, untung deh pak menejer2 sabar dan baik. yaudah deh, mau lanjutin sesuatu yang tertunda dulu. daaah blogii...

Langsa, ba'da dzuhur.


U.U

Karena hanya dengan menjadi seorang realis lah, aku bisa ikhlas dg idealismu. Jika kamu bahagia dengan itu, teruskan.

Aku tidak sedang menahan sakit, tidak sedang menunggu apa-apa. Aku hanya berusaha menarik nafas setenang mungkin, langkah-langkah relaksasi seperti yang dokter ajarkan guna menjaga keasaman lambung yang berhubungan dengan kepala dan tubuhku. Aku baik-baik saja.

Karena waktu aku kedinginan, ada yang dg ramah melepas jaketnya untukku. Karena waktu aku jengkel, ada yg dengan penuh senyum bawain coklat untukku. Karena waktu aku mual disini sendirian, ada tangan-tangan, ada kaki-kaki, ada niat-niat baik, ada senyum-senyum tulus, ada banyaakkk sekali yang aku terima. Sudah cukup?


Medan, sore ini.


Published with Blogger-droid v2.0.1

soree

Kamu ga pernah bisa memenuhi batas kapitalisasi. Itu knp aku ga pernah mencatatmu sebagai aset tetap. Kamu liquid, bukan tetap. Kamu cepat habis, tidak jangka panjang. Maaf, tapi aku melihatnya sejak awal.

Ini bukan perkara seberapa besar pengorbanan! / Lalu apa? Aku akan bisa selalu ada. / Ini tentang sesuatu yg ga berwujud namun ada, tentang . . . / Tentang hal yg ga pernah ingin kamu akui? / Aku ga mengakui sesuatu yg ga aku rasa. / Ya. Aku mulai paham seperti apa kamu. / Ga perlu secepat itu mnilai aku. Sampe kapan pun, lelaki ga bisa paham perempuan. / Jelas! Lelaki bodoh ga akan bisa memahami perempuan pintar spt kamu. Gitu kan?

Okee. Kalau selalu begitu caramu melihat, mendengar, menilai. Kalau kamu tau ga akan paham aku. Lebih mudah kan pergi dari sini..


Published with Blogger-droid v2.0.1

ketika jalan tol jkt-bekasi mengingatkan aku

Kamu ga pernah suka kalo aku suka bau tanah basah abis ujan, kalo aku suka bau kertas2 dlm buku yg tuaa.

Dan aku ga pernah suka kalo kamu ngejar layangan putus tp ga pakai sandal, kalo kamu bilang 'aku ga yakin sama pertandingan kali ini'.

Tapi aku tetap suka petrichor itu, tetap suka buku tua itu. Toh kamu ga pernah pergi dari aku.

Kamu juga tetap suka lupa pakai sandal kalo liat layangan putus, kamu pernah bilang ga yakin dg pertandingan 3 kali dlm setahun. Tapi toh aku ga pernah pergi dari kamu.

Hal-hal yang ga aku suka, yang ga kamu suka, tetap jadi hal biasa yang kadang bikin kangen. Omelan kamu waktu aku ga angkat tlp seharian karna ponsel ketinggalan di bagasi motor, muka datar kamu waktu nungguin di kosan berjam-jam pas aku ngambek ga mau turun. Lebih kangen lagi waktu kamu bilang 'aku kangen kamu omelin..' waktu aku ngambek ga peduli sama kamu gegara coach bilang kamu absen latihan padahal pamit ke aku nya latihan.

Hal-hal konyol yang ga bakal keulang dan ga bakal pernah aku ceritain ke anak atau cucu ku nanti. Kamu, tolong jangan cerita juga tentang anak perempuan yang baru bisa ilang ngambeknya kalo dibawain eskrim. Jangan cerita kalo anak perempuan itu pernah males belajar gara-gara totti ga bikin gol di pertandingan penting dan bikin roma kalah. Apalagi cerita tentang anak perempuan itu yang sekarang nyesel dengan keputusannya di bulan februari bertahun lalu.


Published with Blogger-droid v2.0.1

which one is better

Apa yang bakalan kalian lakukan, kalau mama kalian nangis minta kalian resign dari kerjaan?

Bertahan untuk sebuah prestasi untuk prestasi-prestasi lain nantinya, atau membuat mama tenang dg hidup biasa tanpa deadline?


Published with Blogger-droid v2.0.1

loveyoujendraL!

Tidur ga nyenyak, tangan ga bebas bergerak karena jarum dan selang infus. Alhamdulillah ada jendral kesayangan yang nungguin terus, ada istri setia jendral juga yang sabar banget nyuapin ama mandiin aku, dan sekaligus nyita hp aku biar ga email2an dn trima tlp mulu dari orang kantor. Makasii mamaaaa sayang..

Makasii bapak sayang, setia duduk d bangku samping tempat tidur aku. Yg selalu kebangun tiap aku begerak, betulin selimut aku, betulin posisi tangan aku biar ga kesakitan ama selang infusnya, dan bentar2 pegang tangan atau leher atau kening aku.. Jagain aku tidur..

Makasii ya Allah kasih aku ortu sebaik inii. Janji deh ga bakalan kecapean lagii biar ga ngerepotin melulu :(


Published with Blogger-droid v2.0.1

maaa..

Kalo kemarin, saat-saat yg terasa sulit adalah waktu pengen pipis, tapi cuma ada kaka cowo yg jagain. Jadi terpaksa bawa2 tiang infus sendiri ke kamar mandi.

Sekarang, jam 3 pagi. Pengen pipis tapi yg jagain udah pada tidur, hiks.. Gapapa kalo kudu bawa infusan sendiri ke kamar mandi, tp ini jam 3 pagii :(

Berusaha nginget apa kata bpk bahwa kita yg menyembah Allah tu jauh lebih mulia drpd mereka. Jadi mereka ga akan berani ama kita. Huhuuu. Berusaha nginget apa kata pabos bahwa kita dan mereka tuh beda dimensi. Jadi ga akan pernah bisa bersinggungan.

Okebaiklah disaat keberanian sudah terkumpul, malah tiba-tiba ada suara keran :(( balik ntn tipi aja dah.


Published with Blogger-droid v2.0.1

dhuha kali ini

Permintaanku, ga akan pernah terlalu berat bagiMu kan.. Kali inii, satu aja ya Rabb.. Berikan selalu kesehatan untuk mereka, orang tua yang selama ini ga berhenti mendoakan aku.

Karena mereka masih harus aku bahagiakan. Karena mereka masih harus melihat aku menikah, masih harus melihat aku lulus ujian, masih harus melihat aku punya perut buncit sampai sembilan bulan dan mendoakan kelahiran anak-anakku nanti, karena mereka masih harus menceritakan ke cucunya paling tidak satu cerita tentang cita-cita. Karena mereka masih harus tetap ada dan sehat, untuk aku bahagiakan.

Kalau Engkau memintaku berlari jauh, demi entah berapa lama sisa waktu yang kupunya untuk bahagiakan mereka, akan aku lakukan. Kalau Engkau memintaku belajar keras, ga mengeluh, atau apapun, akan aku lakukan, ya Rahman.. Pasti aku lakukan.

Dan entah apa Engkau akan bosan atau tidak dengan doa-doaku, aku tetap akan bilang, aku sayang mereka, hadiah paling indah di hidupku. Makasii ya Allah..


Published with Blogger-droid v2.0.1

sekolah baru

menyederhanakan amarah, berdamai dengan diri sendiri.


sungguh, ini benar sekolah baru. tempat belajar paling *paling apa ya, bingung*. istimewa? ya, pasalnya, bukan cuma hal baru yang aku dapet, tapi juga jalan keluar bagi masalah lama. yup, berdamai dengan diri sendiri, siapa yang tak sulit melakukannya? kadang kita bertahun baru menyadari, kunci dari meredamkan amarah ada pada diri sendiri. jika kita mampu berdamai dengan diri sendiri, amarah pun redam. sesederhana itu, butuh lama untuk bisa melakukannya, kenapa?

ketika kita sudah mampu melihat cerminan diri kita pada orang lain, itu biasanya cara Tuhan memperlihatkan yang selama ini tak mampu kita lihat. ada, pada diri sendiri, namun tak mampu kita melihatnya.

kita pernah dihadapkan pada pilihan? pasti. marah pada keadaan, padahal itu tak patut. menyalahkan sekitar, padahal hasil akhir bergantung pada proses kita, bukan orang lain. mengutuk diamnya benda-benda, padahal tau itu kodratnya. sekarang, saat semua itu terjadi pada orang lain, dengan keadaan yang persis sama, dengan sikap-sikap yang persis sama. bukankah Tuhan sedang ingin memperlihatkan pada kita, betapa buruknya kita saat itu?

tapi kita masih beruntung, kita bisa melihat, mencerna, dan tidak mengulangnya. bagaimana jika sebagian dari kita tetap berlaku sama, Tuhan tidak memedulikan? nauzubillah...

hampir satu tahun yang lalu, orang ini bukan hanya dua kali bilang aku idealis. kalau seribu orang bilang aku egois, aku sudah mati rasa. dunia dan isinya tau aku egois. aku jadi ga bisa membedakan antara egois dan idealis. apa sebenarnya idealis ini sudah ada sejak lama? kenapa harus orang yang baru aku kenal yang benar-benar bisa bikin aku percaya. ya, Tuhan selalu punya cara kan. sekarang, aku tau, orang ini ga ada bedanya sama aku. sama. sama persis. orang lain menyebut kami satu DNA. hahahaa, aku kadang ketawa... bagaimana bisaa, kami baru kenal hampir satu tahun saja. dan ini bukan sinetron, ini benar nyata.

well, aku masih terus belajar disini.

tak terhingga

Tita sayang bapak, selamanya!!!!!!

Jangan pernah tinggalin tita ya pa.. Bakal kaya apa idup aku kalo ga ada bapak.. Tita sayaaaaang banget ama bapak, tita tau bapak ga akan pernah baca ini. Tapi tita tetep pengen teriak disini, tita sayang bapak!!!!!!

Bapak selalu jd orang pertama yg percaya kalo tita bisa ini dan itu. Aku ga bisa, tapi aku kemudian jadi bisa.

Bapak selalu jd orang pertama yang khawatir ama tita. Hiks.. Aku selalu baik-baik aja pa, dan aku tau itu pasti karena doa bapak yg ga putus minta ama Allah buat jagain aku.

Bapak selalu jadi orang yang pertama kasi tita ilmu, kasi tita semangat, kasi tita bekal, kasi tita contoh. Bapak tau ga, aku ga pernah kekurangan apapun pa, ga pernah..

Tita bahagia dan bangga banget punya bapak.. Tita sayang ama bapak..


Published with Blogger-droid v2.0.1

Tadi buka medsos, ada temen aplot poto. Potonya dikasi judul >> printer's kasir <<

Jadi artinya apaan yak? Kasirnya printer? Printer memiliki kasir? Ato maksudnya printer is kasir? Ato gimana sii? Yg d aplot sih poto printer yg lagi proses ngprint gt.. :p

Duh.. Kartikaaa, toefl kamu kan belom enam ratus :p


Published with Blogger-droid v2.0.1

#boy

Semakin kamu kaya gini, semakin melunturkan niat dan semangat belajar aku.

Setiap orang punya hak untuk memilih, setiap orang dg ikhtiarnya, setiap orang dg doanya, dan Tuhan yang menentukan, bukan kamu, boy!

Aku ga butuh kesombongan kamu.


Published with Blogger-droid v2.0.1

Ada blog baru, jarang mampir sini, hihii yg itu bukan blog tp lebih mirip album poto :p

Kamu tetep blogii aku!


Published with Blogger-droid v2.0.1

satu persen

jadiii, minggu kemarenan tuh pada ngeributin masalah harga bbm yang naek. apa emang naek yah? katanya sih dari yang seliternya harga empat ribu lima ratus rupiah, sekarang jadi enam ribu lima ratus rupiah. sekilas sih keliatannya harganya emang naek gitu yah. tapi kalo menurut aku sih, itu kan kalo ga salah subsidinya yang dikurangin kan yah... kalo ga salah siii. jadi paham dong, harga aslinya berapa, pemerintah kita kasih subsidi. nah sekarang subsidinya dikurangin.

kasarannya nih yaa, bersyukur dong pemerintah masih mau kasih subsidi. mungkin orang-orang yang mencak-mencak gitu tuh yang ga ngerti berapa harga minyak dunia kali yah :-O

kalo aku rada sedikit heran ama responnya yang mempermasalahkan kenapa subsidinya dikurangin. aku sih lebih mempertanyakan alokasinya dikemanain. gitu aja sih. kalo emang alokasinya lebih tepat sasaran, ya oke banget deh menurutku. yaaa walopun kata orang2, di dalem sana banyak orang curang suka ambil duit, tapi disisi lain juga banyak orang yang cerdasnya juga sih.

belom lama ini, isu laen yang ga kalah hebohnya adalah masalah peraturan pemerintah no 46 yang baru keluar tahun ini. jadi di peraturan itu disebutkan bahwa akan dikenakan pajak final sebesar 1% terhadap umkm yang omsetnya sampai dengan 4,8m selama setahun. artinya, lebih dari 4,8m tuh ga dikenain pajak final 1% itu. jadi tuh ikutnya ke tarif pajak yang pasal 17 gitu. nah yang masih dibingungin tuh, kalo si 1% ini final, potputnya gimana? katanya sii mulai berlaku 1 juli ini, tapi baru ada pp nya doang belom ada pmk nya. yah nunggu aja kali yakkk...

tapii niih..
coba deh, kenapa jadi pada mempermasalahin umkm kena pajak final 1% yak? berarti selama ini ga bayar pajak ato gimana? eheheee... ini ku cuma nnya loh ya, aku kan anak bawang, ga ngerti apa-apa.

kalo pada ngerti, siapa aja yang jadi subjek pajak, kalo pada paham apa aja yang jadi objek pajak, kayanya menurutku sih malah si subjek yang sebagai wajib pajak tuh diuntungkan deh dengan adanya pp ini, jadi cuma kena 1% doang kan. cobaaa, bandingin. sebenernya emang kudu bayar pajak kan ya, kena nya pasl 17 berarti kan tarifnyaaa. nahloh, bukannya malah lebih gede tuh kalo kena pasal 17 gitu? kok malah pada ribut yah si wp nyah? aku malah ga ngerti. apa karena biasanya pada ga bayar pajak yah? duh...
yap! kita bisa menilai lah... hehee..

Ternyata, muak dan mual tuh hampir ga bisa dibedain.


Published with Blogger-droid v2.0.1

PPnBM

totti tita ppnbm

kalo sayang ama kamu tuh dipajakin, pasti aku kudu bayar PPnBM. soalnya kamu tuh barang mewah. belom lagi kalo ada pemeriksaan dari KPP, pasti deh terbit SKPKB. soalnya berapapun yang aku bayar kayanya ga bakalan cukup deh saking banyaknya sayang aku ke kamu.-- Kartika, si anak bawang.


hahahaaaaa.... ya gituu deh pajak.
apaan sih PPnBM tuh? pajak penjualan atas barang mewah tuh dikenakan terhadap penyerahan BKP yg tergolong mewah gitu, oleh pengusaha yang menghasilkan BKP tersebut di dalam daerah pabean dalam kegiatan usaha/pekerjaannya. dikenakan juga terhadap impor BKP yang tergolong mewah.
nah, siapa sih yang bayar PPnBM tuh? ga beda ama PPN, PPnBM pun dibebankan terhadap konsumen akhir. gimana sih maksudnya dibebankan ke konsumen akhir?

jadiii, PPnBM tuh dipungut ama PKP alias pengusaha yang sudah dikukuhkan sebagai pemungut pajak. nah, sebagai PKP, wajib hukumnya untuk mungut pajak yang seharusnya dipungut termasuk PPnBM. misalnya si PKP jual sebuah barang yang mana barang tersebut dihasilkan di dalam daerah pabean catet yaa kalo diluar daerah pabean tentunya ga akan sebagai BKP.
misal si PKP jual tuh barang dengan harga xx yang didalamnya sudah termasuk PPnBM sebesar x. yang belii yaitu si otong, bayar sejumlah xx (udah termasuk PPnBM), itulah yang dimaksud PPnBM tuh dibebankan ke konsumen akhir. tapi kalo misalkan si otong tuh cuma distributor, kan ada orang yang bakalan beli tuh barang dari si otong. misalnya si otong sang distributor jual tuh barang ke maemunah, ya berarti si maemunah inilah yang nanggung PPnBM nya. simple kan...

nah, si PKP tadi (yang pertama jual tuh barang), kan wajib mungut tu PPnBM, dia cuma mungut loh, PPnBM nya tetap aja jadi bebannya si konsumen akhir. nah, PPnBM sejumlah x itu merupakan pajak keluaran bagi si PKP yang nantinya dia laporin ke KPP, sekaligus sebagai pajak masukan bagi si pembeli. nah pajak masukan bagi si pembeli ini nih bisa sebagai kredit pajak loh. tapi ga bisa di kredit pajak ke PPN yah...

gimana sih maksudnya ppn masukan tuh kok bisa jadi kredit pajak?
misalnya kaya gini nih... selama bulan juni ini, si PT Kartika (udah PKP) tuh jual barang persediaannya (barang mewah) lima kali masing-masing harganya Rp500juta. berarti dia bikin lima faktur, yang masing-masing jumlah PPnBM nya Rp175juta alias 35% dari DPP. oh iya lupa nulis... tarif PPnBM tuh paling rendah 10% dan paling tinggi tuh 200%. jadi total pajak keluarannya Rp875juta (salah itung ga nih aku). nah, di bulan yang sama juga, PT Kartika yang udah PKP tuh beli bahan baku senilai Rp280juta ke PT Gemintang (udah PKP juga). karena si PT Gemintang udah PKP, ya doi terbitin faktur pajak pastinya. besarnya adalah Rp42juta alias 15% dari DPP. sebesar Rp42juta tuh dicatat sebagai pajak keluaran bagi si PT Gemintang, sekaligus dicatat sebagai pajak masukan bagi si PT Kartika.

jadi, berapa coba jumlah pajak kurang (lebih) bayar PT Kartika?
sejumlah pajak keluaran - pajak masukan atau sebesar Rp833juta.
nah sejumlah 833juta itu yang wajib disetor ama PT Kartika untuk masa pajak bulan juni ini. kapan sih terakhir setornya? yaitu tanggal 15 masa pajak selanjutnya atau tanggal 15 juli di tahun yang sama.
cara pahamnya simpel gitu... tapi ini baru secuil banget deh tentang PPnBM. masih banyak lagii, ga cuma ini.

semangat!!

matahari setelah hujan yang menjadikan pelangi ada, bukan perkataanmu.



petang tanpa wajahmu yang berkilauan wudlu ialah gelap berlipat-lipat. senja tanpa tilawahmu yang lirih syahdu adalah sunyi menjerat-jerat. banyak nikmat tak kita minta; Allah tak alpa memberinya. dengan berdoa; lebih lagi karuniaNya. jika yang ada disyukuri; Dia kan menambahnya. [Salim A. Fillah]




Published with Blogger-droid v2.0.1

blueskar

daddy's prettiest daughter

"Fafirru ilaLlah; maka berlarilah menuju Allah"; Dialah asal sekaligus muara segala hidup, Pemilik sejati yang padaNya kita akan kembali.
"Maka berlarilah menuju Allah"; dari gelisah ke ketenteraman, dari lara pada usada, dari sesak ke lapang dada, dari gelap menyongsong cahaya.
"Maka berlarilah menuju Allah"; dari keji menuju suci, dari dosa pada pahala, dari neraka ke surga, dari benci & murka tuk cinta & ridhaNya.
"Maka berlarilah menuju Allah"; dari haram ke halal, dari munkar ke ma'ruf, dari tercaci pada yang terpuji, dari tercela pada yang tersukai.
"Maka berlarilah menuju Allah"; dekatmu sejengkal Dia songsong sehasta; datangmu sehasta Dia sambut sedepa; kau berjalan, Dia hadir berlari.
"Maka berlarilah menuju Allah"; hanya kepadaNyalah berhina jadi mulia; berfaqir jadi kaya; berrendah jadi mesra; bersandar jadi perkasa.

[Salim A. Fillah -- 18062013]

longtermplan

dulu, waktu kelas satu es em a, pertama kali bikin perencanaan jangka panjang. dulu sih bikin rencana tentang kuliah, tentang yang pertama mau kuliah dimana, kudu belajar segimana, dan mau ngapain aja selama masa kuliah, selain kuliah di kelas. nah, pas kelas tiga es em a, isi kepala berubah semua. kenapa? ga usah lagi dibahas disini deh. luka banget. heheee...

pas akhir kelas satu es em a dulu, pilih jurusan. aku pengen masuk bahasa, bapak minta aku masuk ipa. rupanya, bapak udah punya planing buat aku. setelah masuk ipa, bapak pengen aku kuliah akuntansi, karena logika berpikir anak ipa yang akan dengan mudah memahami ilmu-ilmu disana. setelah diem-dieman dua hari ama bapak, akhirnya aku masuk ipa. dan ga berubah, aku masih pengen masuk si kampus empat huruf. dengan doa mama yang kenceng banget tuh kayanya pada masa itu, mama berhasil membuat aku ga masuk ke kampus empat huruf karena menurutnya, seorang anak ga boleh dipisahin dari ortunya. hikss jadul banget deh mama aku nih. *ga usah nyalahin mama deh, Kaarrr, emang kamunya aja yang belajarnya kurang jadi ga bisa masuk ke si empat huruf*

karena emang nilai yang bisa bikin aku masuk ipa tanpa perlu dongkrakan kaya si temen yang nangis2 krn masuk ips (padahal menurut aku ips tuh ga buruk deh, asal tekun di bidangnya, sukses aja sih, aku aja pengen masuk bahasa padahal yang katanya jurusan paling apadeh), jadilah aku masuk kelas ipa dua. bapak seneng kayanya, karena satu tahap perencanaannya berhasil. yang tentunya bakalan diterapin juga ke si adik aku. untungnya dia emang minat banget masuk ipa, hahaaa jadi bapak ga perlu waswas.

selama kelas dua es em a, mana ada yang namanya belajar. disini nih salahnya aku. isinya maen terus. maeeeeeennnn teruuussssss. pas kelas dua ini nih, paling seneng waktu si ****e bilang "eh, 2 poin nya si mika bagus banget deh kemaren!" yang aku denger waktu dia bilang ke temen aku. hahahaa, ini ga tau kenapa seneng nya melebihi waktu jula bilang aku baik karena kasih dia oreo, hahahaa!! coba deh kalo pas em em pe sampe pas satu es em a, latian nya rajin, 3 poin mulu kalii :p

nah, kelas tiga es em a, ini masa-masanya aku harus mati-matian nahan hawa napsu yang kepengen maen terus. bapak terus-terusan nyuruh aku belajar karena harus tes buat masuk kuliah. mama juga, nyuruh belajar mulu. temen-temen ada yang pengen masuk ui, ugm, unpad, uns, dan semua kampus plat merah. waktu itu aku masih keingetan ama mimpi aku yang kepengen masuk kampus empat huruf. antara pengen berjuang dan pengen berontak. mikir mama apalagi deh. dan dengan sekejap, idup kaya berubah deh! aku sama sekali ga mau belajar. bener-bener ga mau belajar. dan emang beneran sama sekali ga belajar. waktu itu bapak minta aku daftar (sekarang namanya) snmptn. semacam ujian buat masuk kampus negeri gitu. dan bisa ditebak, aku menolak mentah-mentah. aku ga mau belajar, dan ga akan pernah mau daftar snmptn. beneran dong, aku cuma daftar buat tes masuk si kampus empat huruf, tapi daftar ujian masuk ugm jugaa karena bapak minta. dan pasti dunia aja udah bakalan tau hasilnya. keduanya, ga lolos!!!!!

bapak langsung pusing mikirin anaknya ini, yang sebelomnya beliau udah punya planing ini dan itu. pokonya daftar ke akuntansi uii, kata bapak. aku nolak. aku cuma mau masuk kampus empat huruf, bukan yang lain. kalo harus masuk uii, aku ga mau akuntansi, aku mau yang lain. daaaaaann kaya biasa, setelah dua hari diem-dieman ama bapak, udah bisa ditebak, aku nurut bapak. daftar ke akuntansi uii. kalo hasil tes nya bisa ranking satu, artinya bebas biaya masuk, dan bapak mengiming-imingi bakalan kasih hadiah kalo berhasil ranking satu. kayanya sih biar aku mau belajar, heheee. tapi kan sejak saat itu aku udah ga mau belajar lagi. belom lagi artinya kudu ldr ama jula, dan itu ga mungkin banget. kita mau dua taunan trus kudu ldr, itu ga mungkin deh kayanya buat anak seumuran kami. dengan secepet kilat, aku minta putus karena yakin banget bakalan di jogja. yaaa daripada bapak minta aku kuliah di bandung, aku milih buat daftar ke uii aja.

perkiraan bapak meleset. aku emang masuk akunt, tapi ga ranking satu, aku cuma ranking empat! artinyaa, aku ga bebas biaya masuk, dan kudu bayar sekian (sesuai ranking, udah lupa deh).

saat itu, rasanyaaaaaaa semua jadi aneh. aku sadar kalo aku bakalan memulai sesuatu yang semuanya aku ga suka. semuanya. semuanya. itu ga gampang ternyata. semuanya yang aku ga suka. tinggal di kosan, asing banget buat aku. ga ada satupun temen yang dikenal, semuanya temen baru. jurusan yang sama sekali ga aku suka. dan tanpa jula. ini berat rasanya. ga ada jula tuh berarti ga ada yang ajakin ke lapang bola buat nungguin dia latian, ga ada yang ajakin makan eskrim bareng, ga ada yang bakalan berkata dengan konyol di samping aku. itu berat. dan dengan bodohnya, aku milih buat ganti nomor. kalo semuanya ga aku suka, sekalian aja baru semua, nomor hape baru juga. fix! bapak kasih aku kamar kos baru, dengan segala isinya yang serba baru termasuk komputer dan hape baru, lengkap dengan printer sampe semua tetekbengek isi kamar baru semua. kayanya sih biar aku rajin belajar. bener. semuanya baru, dan lengkap.

berasa semuanya dari nol, temen baru, tempat baru, semua yang aku liat tuh baru, dan sendirian! setelah satu minggu bapak nemenin aku di kosan, mau ga mau aku harus terima kalo bapak emang ga mungkin nemenin aku terus.

rasanya, semua perencanaan jangka panjang yang dulu pernah aku susun pas kelas satu es em a, semuanya berubah. bener-bener berubah. aku bisa apa, aku cuma bisa kuliah tiap hari, kadang maen, kadang belajar tapi ga ngerti-ngerti. waktu itu 19 agustus 2007, mulai ospek dan sebagainya. sampe akhirnya, bulan ramadhan 2010, setelah melalui segala cerita, ramadhan tahun itu beneran bikin aku tobat. aku belajar, dan lulus ujian komprehensif dengan satu kali ujian ajah! senengnya saat itu kayaaaaaaaa berhasil naklukin 3 tahun sebelumnya, heheee... sayangnya dulu malah kerajinan maen, ga langsung garap skripsi. baru akhirnya 4 januari 2011 proposal skripsi di acc, dan pertengahan maret 2011 draft skripsi aku kasih ke kampus, siap diujikan. bulan april dinyatakan lulus. rasanyaaaaa agustus 2007 sampe april 2011 tuh berakhir sudah penderitaan harus belajar di jurusan akuntansi. bisa ditebak pastinya IPK aku ga lebih tinggi dari IPK bapak, aku cuma dapet IPK 3,41. aku ngaku kalah, ya ngaku ama diri sendiri aja sih.

tapi sejak april itu aku berasa haus. bener-bener haus. suatu hari aku harus bisa lebih dari bapak. waktu itu aku cari informasi. masuk profesi ugm butuh duit besar dan nilai toefl yang tinggi, sedangkan waktu mepet. akhirnya bapak daftarin aku profesi di kampus yang sama. dari awal, aku udah janji ama diri sendiri, ga level kalo cuma dapet ipk 3,6 hahahaaa songong banget sih yaa jiwa muda tuh. eh mentoknya, cuma dapet ipk 3,69 di profesi dulu. ga terlalu puas. tapi bapak fine ajah.

sekaraaaaaaang, hari ini. aku balik lagi bikin perencanaan jangka panjang. tiga tahun terakhir ini perencanaan serius yang aku bikin tuh cuma jangka pendek2 ajah. alhamdulillah semuanya tercapai, kecuali nambah tinggi 10cm yang ga berhasil. oke abaikan aja, itu bukan salah satu perencanaan hidup aku yang serius. jadi, hari inii, semangat kaya di charge lagi. bukan rencana buat nikah loh, karena aku ga pernah rencanain untuk kapan harus punya pacar atau bahkan menikah, itu sesuatu yang ga bisa dipaksakan menurutku, dan harus siap setiap saat, termasuk siap jatuh cinta kapan aja! yang pacaran bisa putus, yang nikah bisa cerai, dan yang single bisa jatuh cinta!! hahahahaaa... eniwei, bikin perencanaan-perencanaan itu bikin kita jadi semangat loh. jangka pendek ada, jangka panjang juga ada. serius. kali ini aku serius, bakalan ga maen-maen dengan perencanaan ini. bismillahirahmanirrahiim.....

love by the million times

photo by: romagram

i see you in te stands
i feel you watching me
i am thankful for you being there
i want you to know this
do you want to know what i'm thinking?
who i really am?
i can't give that to you
but i can give you 90 minutes with all of my heart
i have given you that for 20 years now
670 times and 282 goals
i have given you my whole career as a football player
for one team. ROMA
playing for you
the fans
maybe this is my moment to thank you
in Italy and around the world
on behalf of this great football team
thank you
you have give me the purest gift one can ever give
energy
the energy to keep on going
i hope somehow that satisfies you
but i understand if it doesn't
trust me i really do
like you, i am hungry for more


aaakkkkkkkkkkkkkk you!!!!!!!!
i'm fallin in love by the million times!!!!
and for more years,
trust me, for the billions!!!!!

kartixendria --- maksa deh judulnya

alexandria

kalo langitnya gelap, si pantai juga jadi gelap. tapi lampu-lampu jalan itu kalo dari kejauhan, membentuk lengkungan jalan, keliatan baguuussss yahh.
tau gaa, secara ga sadar, ternyata, kadang, kita bisa keliatan bagus saat yang lain menunjukkan kekurangannya, begitu juga sebaliknya. coba deh take picture nya pas siang hari. si air yang memantulkan warna langit biru, keliatan seger dan cantik, sedangkan si lampu nya biasa aja kan, ga ada keliatan istimewa. ya gitu, ternyata, sesuatu bisa dibilang bagus, (kadang) karena ada yang lain yang tidak lebih bagus darinya.
jadii, saat kita terlihat bagus, buat apa bangga sih. toh bisa keliatan bagus karena yang lain ga lebih bagus aja makanya kita keliatan bagus.

namanya alexandria. heheee... kata yang pernah berkendara mobil dan mengukur jauhnya, sekitar dua puluh lima kilometer pantainya. panjang juga yaa. pantai nya loh... jarang deh ada pantai yang langsung berhadapan ama jalan begitu, ya katanya sii emang jalan raya gitu. pengen deh bisa kesana. hahaa ke paris aja ga kesampaian deh kamu Kaarrr.. ah, emang sih ga perlu jauh-jauh kalo disini aja udah berasa istimewaa :p *apaan sih*
jadi, menurut seorang temen, katanya dari kelakuan aku yang aneh, dia curiga kalo aku punya pacar baru. oh jelas aku marah, karena kalo aku punya pacar pasti aku cerita. jadi dia curiga kalo aku lagi bribikin cowo. apaan deh yaaa... hihiii...
entah dari mana asal kelakuan ini. kemaren sebelom mens emang bawaannya marah-marah melulu, tapi yg kena judesnya aku tuh biasanya yang fisiknya deket ama aku. nah sekarang pas lagi mens, udah mereda, aku jadi manis lagi. si temen ini malah bilang katanya kelakuan aku aneh kaya orang lagi ada bribikan. hahaha sialan. boro-boro deh bribikan, bisa ngeliat yang rada seger aja udah alhamdulillah banget. soalnya sampe sekarang belom ada yang bikin seger ini mata.
kaliii nantii entah taun masehi ke berapa juta, kalo aku bisa liat alexandria, rada segeran nih mata. hahahaa... aamiin.

dear you,

hal yang paling gue benci di dunia ini adalah kalo ada orang yang bikin mama nangis, kalo ada yang bikin mata bapak berubah jadi berat. gue ga benci liat mama nangis, gue ga benci liat mata bapak yang menggambarkan banyak banget beban. yang gue benci tuh kalo pas mama nangis, tapi gue lagi ga disampingnya. yang gue benci tuh kalo pas bapak lagi mikirin hal berat, tapi gue ga bisa pegang tangannya. yang gue benci tuh orang yang otaknya bloon bisa-bisanya bikin mama nangis, bisa-bisanya bikin bapak punya beban.
hei girl, kalo mau ngebunuh ortu gue, bukan kaya gini caranya. sadar deh. perlu ya gue cuci otak lo biar bener?

hmhmm

daddy's princess

hahaha.... maen dandan-dandanan ama kaka cowo kesayangaaannn.. :p jadi, perjalanan ke bdg kemaren tuh isinya cuma masalah signal donlotan, warna lipstick, dan eyesshadow! mwahahahaaaaa.. makan siang pun ga lelah si aa buat maenan. setelah sebelomnya si kartika ribet dengan dslr yang ga niat dibawa dan beneran ga dibawa. hahaa kaya anak alay aja poto2 di bdg, ampir tiap minggu juga kesana :p
ya emang kadang, suatu tempat yang udah sering dan biasa banget kita kunjungin, kaya ga istimewa gitu. ya semacam poto2, apa istimewanya poto2 disana coba, sering juga kita lewatin kan :)) nah, tapi trus tetiba keinget ama jogja. dulu, taunan disana, bahkan dari jaman masih kecil pun sering kesana, kok ya pas mau pergi dari jogja tuh pengennya poto disetiap sudut kota itu *semacam ngalay* hahaha. kaya ga bakalan balik lagi aja gitu. yaa, aku sih ga pernah janji atau bilang bakalan balik lagi kesana nanti kalo udah sukses, atau semacam kalimat apa gituu. ya cuma bedoa ajah mudah2an semuanya baik-baik aja.
laaah malah jadi inget ama jogjaa.
udah ah, lagi mau nge write off aset yaaaaaaanggg.... yang sebenernya ga bisa digolongkan nih mau masuk ke jenis aset mana, saking ga biasanya :p ga biasanya bukan saking istimewa, saking ancurnya dn cuma pantes buat di write off.

Aku suka kalo tidur d kasur yg lebar. Aku lebih suka lagi kalo tidur lampu kamarnya dimatiin. Berasa makin nyaman ajaa..


Published with Blogger-droid v2.0.1

D-51.763

alhamdulillah..
akhirnya liat juga ni kertas pake mata sendiri, bisa pegang juga pake tangan sendiri, hehee alay banget sih kamu Kaarrr... yee biarin aja. dapetnya susah banget nih, dua semester kerjain tugas seabreg, maksain badan dateng ke kampus buat kuliah-kuliah yang aku ga ngerti2. hehee maklum deh aku kan ga secerdas bapak :D
Register Akuntan Negara No. [lihat judul]. pake kop dari Kementerian Keuangan RI.

jadi besok aku bakalan lunasin nazar aku. udah dilaksanain sih nazarnya kemarin, nih udah punya nomernya 55.405.163.1-433.000... tapi besok kepastian lunasnya nazar aku. hehee..

bagi sebagian orang, mungkin ini suatu hal yang biasa. bagi aku, ini suatu yang harus wajib disyukuri banget. ga semua ortu bisa kasih pendidikan yang layak buat anak-anaknya, daaaan ga semua anak bisa ngehargain niat baik ortunya, malah ga lulus-lulus padahal udah milih sendiri jurusan yang dipengen. hehee sotoy gini aku. pokonya pa, makasih banyak yaah buat semuanya. doain tita bisa sekolah pake duit sendiri, tapi bagus lagi sih kalo dapet suami yang baik dan mau bayarin aku sekolah lagi :D

bapaksayang..
kalau sampe tita emang ga bisa dapetin tiga huruf yang itu, jangan benci tita yah.. tita lagi pengen banget ngejar yang satunya dulu yah. level A, trus level B. kalo tiga huruf yang itu masih terlalu susah, tita butuh banyaaaakkkkk banget belajar, ga sebentar.
oh iya pa, tita tau bapak ga akan pernah baca ini kan. tapi bapak seneng ga, kalo ada anak cewe umur 24, selain kerja di kap, diumur yang sama juga jadi dirut sebuah psh! minggu depan akta notarisnya bakalan diurus :p bukan psh besar pa, tapi psh benar. aku pengen ketawa sih... tapi aku tau bapak pasti doain aku terus. semoga tita bisa membawa kebaikan disana yah :p

hmm.. ga kebayang dulu waktu bapak kerja capenya kayak apa yah, buat bayarin aku sekolah, buat kasih aku duit jajan, buat kasih aku duit biar makan makanan yang bergizi biar bisa belajar, buat kasih aku beli buku, beli hp berapa kali, beli laptop, beli motor, beli seisi kosan, beli ini beli itu.

oh iya, happy birthday yah jendraL!
berkah selalu sisa umurnya, sehat selalu dan jangan bandel tidur di lantai mulu, hehee..
ehm.. mau hadiah apa jendral? aku tau sih, bapak udah punya semuanya. punya anak-anak kayak kami kan berarti bapak punya semuanya, apalagi bapak punya mama juga :)
tapi, bapak ga bosen ama hp moccachino ituh? sony kan udah cerai ama ericsson. besok kita cari yang baru yaa :* :*

s.e.m.a.n.g.a.t

berasa sedikit seneng waktu lagi makan siang di telpon pak dalnis (kapan ya aku jadi dalnis..), dan denger doi bilang; "Kar, koreksian dari pak wid udah turun nih.."
"asik, trus banyak koreksi pak?"
"biar saya aja. kamu siapin file yg kemaren, kalo bisa cepet."
"siiaaaapp." dengan nada semangat. trus bawel sedikit tentang finalisasi, telpon ditutup, lanjutin makan siang, solat dzuhur ke masjid, berdoa yang banyak. hehehe
ya ya ya akhirnya bentar lagi kelar. dadaaaah meja dan printer bepeka... doain aja aku balik lagi yah. sekarang waktunya belajar lagi nih. nanti kalo udah dapet A&B, mudah-mudahan bisa lebih baik. bikin targetan dulu. mudah-mudahan kalo lancar, taun depan yang A, taun depannya yang B. kalo yang C masi rada jauh laa :D. trus kapan nikahnya iniii, hahaa. padahal A&B yang itu bukan syarat nikah sih. bagi gue syarat nikah tu cuma satu, restu ortu. beneran deh. eh, udah ah jadi ngelantur.
pokonya semangat! makasii ya kamuu, hehee jangan capek ya :D

keep bleeding

"ketika satu juta orang pergi meninggalkan kamu, yang salah tuh yang satu juta orang?"



memang, kadang kesombongan tumbuh tanpa kita sadari. ketika ada setitik saja kesombongan ada dalam diri, bukan kita yang bisa lihat, tapi orang lain. ngeri yah kedengerannya? hahahaa.
kekuasaan. kadang hal itu bisa sebagai batu loncatan buat menaikkan iman kita, kalau kita bisa amanah dan berlaku baik dan benar tentunya. tapi sebaliknya, bisa juga sebagai batu yang bikin kita kesandung dan masuk neraka. sereeeemmm kan....

#boy

"logikanya, kalo orang lain bisa, kenapa kita ga bisa?"



ini nih, kalimat beginih nih, hadeeeeehhh.. rasanya kepengen banget aku jawap, "ya karena kita ga sama ama merekaaa!"
dan kemudian saya diusir deh kalo berani bilang gitu. hahahh.
sabarr Kaarrr, buat dapet seratus tuh kadang kudu rela cuma dapet tujuh puluh dulu.
ahyasudahlah.

makasiih yaa

"lu kan harus ngebahagia in mama bapak, jadi lu mesti sehat."



aaaahhhhh.... kamu tau ga sih kalimat mu itu bikin aku jadiiiiiiiiiiiiii.... pengen tobat! pengen tobat buat beneran jaga kesehatan dan nurut sama orang-orang yang sayang aku, kayak kamu. :D

buat hunhun --- sekarang bukan hunhun lagi ya

tulisan ini [ini nih] tulisan setahun yang lalu.

hari ini, aku tau. ternyata masanya itu ga akan pernah ada ya. kita tidak berakhir bahagia. emang bahagia tuh apaan Kar? ya maksudku, kita ternyata ga bersama lagi.

masanya kita akan sama rela melepas ambisi, kita sama rela berjuang mengangkat apa yang kita punya untuk jadi lebih berarti, itu ga akan pernah dateng kan. itu cuma tulisan dan harapan pada saatnya. kenyataannya? kita sama-sama ga pernah rela melepas ambisi kita. hari dimana kamu mengganti kesibukan liputanmu dengan sibuk bersamaku, hari dimana aku mengganti egoisku untuk menghabiskan waktu denganmu, hari itu ga pernah ada. selamanya kamu akan mencintai kamera dan liputan. selamanya aku tetap egois, ga ingin melepas cita-cita begitu saja.

kamu, dulu bilang, aku harus keluar dari sana, melihat dunia. aku lalu berlari, melihat betapa terbentang luas segala cita-cita besar yang mungkin bisa aku raih suatu hari nanti. lalu aku berpikir, kamu yang akan tetap di sampingku, tersenyum melihat aku lulus ujian sertifikasi ini dan itu. aku berpikir, kamu yang akan tetap di sampingku, ada untuk menggenggam tanganku, menjadi doping di seluruh sisa waktu bersama aku dan jagoan-jagoan kecil kita nanti. aku berpikir, kamu yang akan tetap di sampingku, menjadi orang pertama yang memberi semangat dan merasakan juga kebahagiaanku.

tapi, kamu hingga kini bahkan ga ingin keluar dari sana. kamu mencintai liputan, bahkan seperti ga ingin untuk meraih yang lebih besar dari itu. kalau aku ga boleh bilang kamu pengecut, mungkin kamu terlalu cinta. terdengar lebih bagus kan.

jadiii, sekarang aku berdoa, semoga kamu bahagia. aku juga! :D semangaattt!

:)




"kebahagiaan adalah keputusan di tanganmu; bukan perasaan yang datang dari selainmu." ---- seorang akhi.





ah, kalimat iniiiiiii... entah kamu benar atau tidak, wahai salihin.

fabiayyi ala i rabbikuma tukadziban


Kalo masuk ke ruangan itu, punggung aku dikasih alat, dada aku juga dikasih alat. Tapi ga bikin sakit, cuma hangat aja. Yang ga enak tuh alat yang ditaruh di muka tuh. Aku harus tetap hirup, bernapas. Rasanya pait. Kadang mual. Kadang slese nya muntah. Ah ga seberapa, ga ada rasa sakit yang gimana-gimana.

Okee, setelah sejak selasa minggu lalu kepala dan badan sakit, sekarang uda berakhir! Yup, emang belom boleh makan eskrim, gapapa deh kan masih bisa minum susu ama makan cokelat. Jadi, nikmat mana lagi yang mau kita dustakan? Segala yang harus disyukuri kan masih sangat jauh lebih banyak daripada yang dikeluhkan. Masih punya waktu untuk mengeluh? Aku justru kekurangan waktu untuk bersyukur, karena saking banyak banget yang harus disyukuri :)

Oh iyaa, kalo dokter bilang gejala tifus, ga usa terlalu percaya ga usa terlalu diambil pusing. Yang penting banyak-banyak minum susu dan air mineral :D

Semangat!!!!!!!!!!! Banyak tugas terabaikan krn lupa jaga kesehatan tuh ga baik loh, Kar..

Published with Blogger-droid v2.0.1

apa aja deh




semangat!

jadi, kemaren tanggal 25 april 2013, satu ruangan isinya orang pinter semua. dan satu si anak bawang berharap suatu hari bisa pinter juga kayak mereka. oke, jadi kemaren pas di hotel sahid sudirman itu, acara vaidasi mengenai temuan-temuan pemeriksaan, untuk dimasukin ke LKPP (laporan keuangan pemerintah pusat). yap! betul sekali! jadi yang dateng itu semuanya adalah tim pemeriksa dari BPK. asikk dah, bepekaa :p jadi warna talinya sama semua, waktu itu warna orange. alhamdulillah berjalan lancar.
semogaaa nanti suatu hari, bisa jadi tim pemeriksa bepeka lagii, pengen banget bisa meriksa kementerian/lembaga yang lebih besar daripada yang kemaren kita periksa. pasti lebih banyak ilmunya. aamiin. ya bisa lah Kar, tapi kalo kamu nya niat dan emang beneran belajar. tapi jujur deh, emang rada penasaran ama yang namanya uskp. pengen sih nanti bisa ikutan. kalo harapan pabos aku bisa dapet tiga huruf yang itu, jujur, aku lebih pengen tiga huruf yang ini dulu. kalo udah, belajar lagi, baru deh tiga huruf yang itu. itu juga kalo nantinya si suami ngedukung. hehee itu juga kalo otak aku mampu. itu juga kalo aku ada umur. aamiin.
ini semua bukan cita-cita bapak lagi. ini cita-cita aku, si anak bawang. anak ingusan. dulu aku pikir, cita-cita bapak itu bisa sekolahin anaknya kalo bisa ga cuma sampe S1. bapak baikkkkkkk banget, mau sekolahin aku profesi akt. nah, ternyata kayanya aku salah, bukan itu cita-cita bapak. bapak tuh cita-citanya bikin anaknya punya mental MAU. mau belajar, mau berjuang, mau bercita-cita, mau berlari, mau melompat.
sampe kapanpun pa, tita bakalan berusaha jadi kayak gitu. makasii yaa, bapak dulu ga jadi pilot. kalo jadi, pasti tita jarang ketemu. :D

menujuuu(mu)

kalau sejak taun 2010 sampe awal 2012 kemaren aku udah bosen denger "aku ga pantes buat kamu. kamu bisa dapet yang jauh lebih baik dari aku". laluu, di bulan pajak tahun ini, aku kembali mendengar "aku tuh mundur teratur. aku mau nyelamatin kamu. aku tau standar ortu kamu".

kalo dulu dia mundur karena menyadari dosa-dosanya, dan niat untuk memperbaiki hidup dengan pilihannya, lantas, kali ini, apa alesan orang yang satu ini.
apa cowo baik tuh udah ga ada?

dulu, waktu masih SMA pernah ngobrol ama si temen baik. aku selalu tanya, kenapa bisa ninggalin cewek sebaik itu, sepinter itu. dan jawabannya klise, sama aja. katanya, dia ga pantes buat si cewek. katanya lagi, kasian kalo si cewek punya pacar kayak dia, ga sepadan otak dan kebaikannya. sekarang, si temen baik ini udah punya pacar lagi (sejak lama) dan masih awet ampe sekarang walopun putus nyambung, dan berencana menikah. seandainya mereka jadi nikah (aamiin), artinya cewek yang sekarang ga sebaik yang dulu? karena dulu pernah bilang gitu.

ah, dulu aku bingung. aku suka tanya ama si temen baik ini, kenapa lo bego banget, dapet 99 tapi malah milih yang 70. sekarang, aku (mungkin) tau jawabannya. si temen baik ini 70, tapi ga mau berusaha jadi 99 biar pantes dapet yang 99 juga. ataaaaauuu, pikiran naif aku adalah dia 70 milih yang 70 juga buat sama-sama menuju 99. hahahaaaa!!

sekarang apa lagi sih Kar... idup buat apaan sih kalo bukan buat belajar, buat nurut ama Allah dan nurut ama mamabapak. jalanin, nikmatin, jangan lupa bersyukur. berdoa, biar besok-besok kalo ketemu ama 'orang' lagi, semoga orangnya selain baik dan pinter, tapi tanggung jawab juga ga pengecut!

okesip, marii selesein kerjaan. semangat tiga huruf!

semangat!

jadi, tripartit tuh apaan sih? kalau yang berlangsung tanggal 17-19 april 2013 di ballroom hotel millenium kemarin adalah rekonsiliasi tiga pihak antara kemenkeu, kementerian/lembaga, dan badan pemeriksa keuangan. bpk selaku badan yang memeriksa (bisa dibilang ngaudit) kementerian dan lembaga (semuanya) yang ada di indonesia. di bpk, ada pembagiannya, mulai dari akn 1 - akn 7. akn tuh auditama keuangan negara. dari satu ampe tujuh, fokusnya dibagi masing-masing gitu. yang diperiksa tuh selain laporan keuangannya, juga kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, juga pengendalian internalnya. nah setelah semua kementerian dan lembaga diperiksa ama bpk, hasil nya tuh dibawa ke acara tripartit ini, untuk di rekon gitu. nanti kalo udah oke, buat dikonsolidasiin ama laporan keuangan pemerintah pusat. jadi pas hari rekon itu, membahas temuan-temuan gitu.
kemarin itu acaranya berlangsung lancar. acara mulai jam setengah delapan pagi sampe maksimal jam lima sore. begitu dateng, kita registrasi dulu, trus dikasih id gitu. yang tali hijau untuk entitas (kementerian dan lembaga), yang tali hitam untuk kemenkeu, dan yang tali merah untuk bpk. satu ruangan itu kayanya isinya orang-orang pinter semua, dan satu anak bawang yang ngarep ketularan pinter. hahaha. ya secara pak menejer ama pak senior ga bisa dateng, cuma ama ketua tim doang -____-
daaan alhamdulillah berlangsung lancar.
lancar sih... terus abis itu demam dua malem berturut-turut. bukan, bukan karena kecapekan kok. karena cuaca kaliii *au deh* yaudah, semangat lhp nya!


Published with Blogger-droid v2.0.1

er

dadaaaaaahh kasur lebar, dadaah ac kamar, dadaaahh udara nyaman yang nempel2 di tembok rumah, dadaaaahh raket nya aa yang biasa tita pake buat badmintonan ama bapak, dadaaaaaaaaaahh gitar kesayangan. dan dimana bola basket kok bisa ilang dua-dua nya siih yaa.
senin pagi, laptop-ing dijalan tol, menuju kandang burung a.k.a kosan, hiksssss.... susahnyaa nyari kosan yang nyaman. dan ibu kos yang nyaman juga, hahahaa..
yaudah sih, di kosan kan cuma malem doang kan. tiap bayar kosan tuh rasanya pengen ada yang ngajakin ke KUA deh. jadi kalo pulang ngantor, ketemu ama orang-orang kesayangan, bukan ruang kosong dan semenit kemudian ditemenin suara penyiar radio.
padahal sama aja sih, weekend pulang ke rumah juga cuma tidur, pas mata melek cuma ngelayap doang kerjaannya. bdg emang kadang-kadang nagih sih, apalai kalo buat ngabisin duit dan makan batagor riri. hahaha.
semangat!

matematika dan sepakbola (part 2)

dulu kamu selalu bilang, "persetan dengan sembilan puluh menit. aku mau main bola sampe aku mati." --- tapi kalo disemangatin buat masuk timnas, pasti bilang, "aku ga pengen masuk tim inti timnas." dan setiap aku tanya kenapa, pasti kamu jawap, "bola tuh bundar." --- dan setiap itu juga aku ga ngerti. hahahaa ampe sekarang juga aku ga ngerti.
dulu kamu sering tanya, "apa sih pentingnya matematika? kenapa kamu bisa paham integral tapi aku ga paham?" --- ini pertanyaan konyol, hei, kapten! *kalo aja kamu tau* hahhaaaa... konyol lagi waktu kamu tanya, "gimana bisa logaritma cuma tulisan tiga hurup, pake angka kecil disudut atasnya, bisa jadi sama dengan angka lain? aku ga ngerti gimana otak kamu jalan bisa dapet angkanya." --- teruuuusss, waktu aku mau jawap, kamu buru-buru bilang, "tapi aku lebih ga ngerti lagi kenapa bu ****(nama guru matematika) bilang jawapan kamu tuh bener." terus aku ketawa, dan kamu lanjut bilang, "aneh!". aku cuma ketawa aja. satu kali yang itu ga pernah kamu ulang lagi pertanyaannya. lucu deh!
sesuatu yang ga aku ngerti tentang bola itu bundar, tapi bisa aku ukur berapa luas dan volumenya pake matematika, sesuatu yang bikin kamu pusing.

matematika dan sepakbola

blogii.....
dua bulan ini pengalaman berharga banget. iya, temen aku bener. katanya, kerja itu capek. tapi kayaknya aku juga bener nih, kerja itu enak. hehee... iya, enak, jadi makin banyak tau, bikin ketagihan belajar!
oke besok-besok bakalan aku kunyah deh spap, tapi dua bulan ini spkn nya berasa gurih deh. aku tau, yang kemaren itu pasti baru nol koma sekian dari semua ilmu yang ada disana. aaaaaaaaaaaaa....... belom mau berenti. lari lagi lagi lagi.
oh iya.. dulu, Jula bilang katanya walopun angin udah mutusin benang layangan aku, tapi suatu hari aku bakalan bilang makasih ama angin karena balikin layangan aku. iyaa! pelangi!
apa ada lagi anak umur 18 tahun yang nembak cewek di tribun lapang, teriak-teriak di tengah suporter bola? hahahaa, liat deh sekarang berapa umur kita. pasti ada aja ya yang bisa bikin kita ketawa inget jaman dulu :D

welcome april

telat yah aku bilang gini? ahahaahh.....
ya, maret kemaren berasa rada berat. heemh.. berat. saat ada pihak-pihak yang melihat *ga sanggup bilangnya* ke arah kita, saat kita ga bisa bicara karena mereka bukan pihak berkepentingan, saat kita memiliki sisi ingin membersihkan pandangan mereka, saat kita (sebetulnya) membuang waktu jika meladeni pikiran bodohnya.

rasanya gemeeesss.. pengen bilang, kamu tuh ga tau jadi ga usah ngomong apa-apa. gemeeesssss lagii.. pengen bilang, kamu tau ga, ada sesuatu yang ga kamu liat jadi kamu ga perlu marah untuk sesuatu yang sebetulnya kamu ga tau.

tapi yaudahlah. nanti, Allah pasti kasih liat kok ama mereka yang ga ngeliat.
nanti, pasti Allah kasih kekuatan lebih buat orang-orang yang posisinya netral tapi ga terlihat netral.

yaudaah, april, jadi sesuatu yang manis buat aku, mau ya? hahaa ngomong kok ama nama bulan, bisa apa coba. yaa seenggaknya kayak ngomong ama diri sendiri, biar bisa ngisi april ini dengan hal-hal penting nan berkualitas. emang berasa ya, kalo ga punya pacar, ga ada yang bisa dimarahin atau dicerewetin atau dirungsingin, ataaaaaaaaau dikangenin gitu? hahahaa.

SEMANGAT!!!

ketika

sesuatu di depan sana, bukanlah sesuatu yang lebih baik dari yang di belakang. pun yang di belakang bukan sesuatu yang lebih baik dari yang di depan nanti. karena mereka adalah dua hal berbeda. ranking tuh cuma buat anak sekolah. apa hati kita ikut kelas sekolah juga?

why are you so far.....?

jadi, setelah lebih dari sebulan aku ga pulang rumah, begini bunyi sms bapak: "mba ika sibuk banget". udah gitu doang, satu kalimat ajah. pake titik doang, ga pake tanda tanya atau kalimat lain. yaa setelah sebelum-sebelumnya tiap telpon pasti tanya, pulang ga minggu ini? dan begitulah kenyataannya, aku cuma bilang: "tita minggu ini ga pulang pa.."

aaakkkkkk kalo aja bapak tau, banyaakkkkk banget yang pengen tita ceritain. banyak. tapii, tita udah gede kan yah.. masa mau dikit-dikit bilang. pengen banget cerita tentang si rasuna said, atau si prapatan, atau si mth kav 10, dan semuanya, sampe masalah yang ituh juga. tapii, tita udah gede kan yah. bapak tau ga, tita belom terbiasa untuk ga cerita ama bapak. tapi tita mau nyoba begitu, ga semua kesulitan harus tita ceritain kan, aku harus bisa cari jalan keluar sendiri.

okkee, minggu depan tita pulang yah pa, kita badmintonan lagi kayak biasa. hari jumat libur kan yah, macet ga yah kira-kira tuh kamis malemnya? hari minggu pagi renang, boleh jugaa. tapi kabarnya empek2 pegi udah ga ada yah :( yaa lanjut sate maranggi ajah enak kayanya.

we're accountants!

Photo by: Rulianto

ini poto jaman kuliah ppa dulu. jadi hari ini pas lagi beresin file di netbook, nemu salah satu poto dari sekian banyak poto yang ada. nyoba inget-inget, dalam poto itu, cuma si anak bawang doang yang masih butuh banyak belajar. yang paling kiri itu, udah SE., Ak., BKP dan kabarnya kakak itu udah niat daftar S2 di salah satu universitas di jogja. secara ga langsung, aku banyak belajar dari semangatnya dalam menuntut ilmu. dan secara langsung aku sering banget tanya-tanya masalah perpajakan ama dia, karena emang ahli dibidangnya. yang tengah, udah SE., Ak., M.Ak dan sepertinya ga lama lagi bakalan ngejar CPA kali yaaah. bapak itu orang yang sangat terbuka mengenai ilmu, ga pernah nyembunyiin ilmu yang beliau punya, bersedia kalo diajak sharing, dan tentunya saran-saran beliau itu biasanya emang menjanjikan, eheheeehh... seorang akuntan publik yang kalo aku pikir sih angka risiko deteksinya keciiiiillll banget, dan sekaligus seorang akuntan pendidik. mungkin karena beliau sebagai akuntan pendidik itulah, selalu sangat welcome jika aku banyak tanya dan sharing, termasuk minta saran. entah via email, ataupun message d medsos, sampai via ym pun bisa diajak sharing.
mudah-mudahan, pinter dan cerdasnya dua orang di sebelah kiri itu bisa nular ke anak bawang yang ada di paling kanan itu yah, hehee aamiin.

sabaar, Karrrr....

berapa lama sih aku ada disini. bisa diitung baru berapa hari aku disini. dan FIX! sore ini berhasil dibikin kangen ama citymewa gara-gara liat temen yang lagi pulang kampung. pulang nya bukan ke citymewa, tapi ini malah kangen banget ama jogjaaa.

kesiksa banget. beneran kayanya Allah bener-bener nyuruh aku belajar sabar. kalo lagi kesel, ga bisa ngebut kayak di ringroad. ga dikasih temen yang juga suka bola, jadi ga bisa ke stadion kayak ke stadion sultan agung ngejar si andik misalnya. disini juga aku ga dikasih temen yang suka maen, jadi ga bisa deh tuh maen kemana-mana ada temennya. ya ampun betapa ini menyiksaaaaaaaa tauu gaaaaakkkkkkkkkk.......!

disini juga aku ga tau dimana ada lapang basket, atau kalo mau kepedean, tiap kampus biasanya punya lapang basket kan yah. disini juga, ga ada temen maen badminton kayak aku badmintonan ama bapak kalo lagi pulang. disiniii, jelas sekali aku ga bisa renang malem-malem kayak dulu sebelum disini. dan pertanyaannya, mau ama siapa juga. oh iya, yang jelas, ga ada banget temen yang suka maen, minimal duduk ngobrol kayak di kalimilk atau pasta gio, atau separah-parahnya di code kek gitu kalo emang ga ke artemy :(   atau paling enggak, duduk diem ngeliatin lampu-lampu kota dari bukit bintang kek gituh. yang jelas aku kangen duduk di sofa pojok jakal bawah bareng mereka, atau ngobrol di kamar.

oke, temen-temen aku disini adalah para orang-orang pinter yang sangat suka belajar dan giat bekerja. yah semoga itu bisa menular ke aku biar jadi anak pinter deh.
kalo semua orang sayang ama gue, kenapa jadi gue yang disalahin.

how time flies

jadiiii, empat hari lalu gue ketemu ama temen lama, yang gue sendiri udah lupa kapan terakhir ketemu doi. udah lama banget yang jelas. kami ketemunya pun di RS. jadi empat hari lalu pas pagi, gue denger kabar yang amat sangat ga baik. temen gue kecelakaan, jadi korban tabrak lari. gue sedih banget kenapa bisa ada orang yang bener-bener ga tanggung jawab kayak gitu. urusan seperti apa yang bisa bikin dia ninggalin korbannya gitu aja. atau sifat seburuk apa yang dia punya ampe bisa ga tanggung jawab. gue lebih sedih lagi waktu tau keadaan temen gue ini. doi koma di icu. ada pendarahan otak, gue liat kepalanya bagian belakang diperban, dahinya dijait sebelas jaitan, dan gue ga bisa liat keadaan badannya gimana, sedih lagi waktu liat mata sebelah kiri dan sekitarannya diperban juga, ada kemungkinan harus operasi plastik. gue ampe bayangin, sedahsyat apa tu orang yang nabrak. gue liat dia bener-bener kayak kesakitan, ga tega liatnya. semoga lo cepet pulih yaa, cepet sehat lagii. kita ada janjian mau ke toko buku, mau naek bis bareng dari rumah ke kosan masing-masing, belom terlaksana nih karena jadwal kepulangan yang berbeda. huhuuu, semoga Allah cepet kasih sehat buat lo yah, temen gue dari TK, dan satu SD juga, satu SMP juga, satu SMA juga, dan selama itu hubungan kita selalu baik.

empat hari lalu itu, kebetulan baru cabut dari kuningan tuh pas kelar solat maghrib. pasti bakal kemaleman nih kalo saat itu juga ke margonda, dan kudu pulang kosan malem itu juga. dengan niat seribu niat karena gue udah ga tahan pengen banget liat keadaan temen gue dari kecil itu, akhirnya dengan modal nekat gue berangkat juga. dijalan gue sms seorang teman baik, tanya dimana teman kami dirawat.

singkatnya, nyampe di RS, gue masih komunikasi ama temen baik gue ini yang udah taunan lamanya kami ga ketemu. ternyata doi mau jenguk juga. waktu itu udah jam delapan malem, gue masih nungguin di lantai dasar (ruang icu nya di lantai empat). beberapa lama gue nunggu, rada bosen, gue jalan-jalan deh tuh disitu, dan berenti pas liat ada denah rumah sakit. FYI, sekarang gue udah ga takut lagi ama suster makanya gue berani ke RS sendirian pun, walopun kadang gue masih horor banget kalo liat suster pake seragam warna putih. pas lagi asik liatin denah tu RS dengan kepala mengangkat ke atas karena denah yang ditempel lebih tinggi dari badan gue, ga nyadar udah ada orang disebelah gue, berdiri deket banget. pelan, gue tengok ke arah dia. ngeliatin matanya, ngeliatin senyumnya, berasa kangen banget ama dia.

"kita ketemunya disini ya..." kata gue membuka.
"alhamdulillah..." katanya yang ga pernah lupa buat senyum dan ngucap syukur.
"yukk.. icu nya di lantai empat." kata gue lagi.
"berapa taun sih kita ga ketemu?" tanya dia.

ah, berapa taun yah... gue bahkan lupa juga. waktu gue kelas dua SMA dulu, dia berangkat ke AS. lulus SMA, gue berangkat ke jogja. kelar S1 gue masih domisili sana karna ambil profesi setaun. seinget gue, belom ketemu lagi ama dia. makanya gue kangen banget sebenernya. tiap ada acara kumpul ama temen, kalo ga gue nya yang ga dateng, ya sebaliknya. kok ya ga ketemu-ketemu. sampe akhirnya ketemunya malah di RS dengan keadaan kayak gitu.

malem itu gue ga diijinin pulang ke kosan, karna udah malem. oke lah, gue paham. sama kayak kalo gue bikin bokap tenang dengan nurut apa kata beliau, gue berlaku sama juga ke temen baik gue ini. walopun sebenernya berani pulang sendiri.

"pasti belom makan kan lo?" katanya pas kita udah keluar RS. yap! ternyata perut baru berasa lapernya. waktu itu jam sepuluh.
"mau makan? yuk!" kata gue yang juga laper.
"disitu nasi goreng nya enak.. mau kan?"
"mau!" emang ga semua orang tau kalo gue suka nasgor, kerupuk, dan sate maranggi. hehee..

temen baik gue ini orang baik dan orang baik-baik. dan beneran baik. banget. oh iya, dia bahkan masih inget ama Sambu gue!

"kemaren waktu ke toko buku, gue liat ada buku judulnya Pesan Dari Sambu." katanya sambil senyum.
"iyaa, gue tau buku itu." gue senyum juga. "lo masih inget Sambu gue?" kata gue lagi dengan senyum lebar.
"iyaa.." jawabnya.

kami makan nasgor dengan lahap, kayaknya waktu itu udah jadi dingin tuh nasgor, heheee..

"jadi lo kerja dimana?" katanya. dan gue cerita panjang lebar.
"masih suka nulis?" katanya. dan gue jawab singkat.
masih begini? masih begitu? masih ini? masih itu? katanya banyak. banyak yang dia masih inget tentang gue. gue juga gitu.
"jadi, kapan lo nikah?" katanya. dan gue cuma ketawa.

dan temen gue ini ga berubah sedikitpun, kecuali ilmunya yang pasti terus bertambah. kecuali segala kebaikannya yang juga bertambah. cara bicaranya masih sama, lembut. cara dia liatin gue, cara dia senyum. cara berjilbabnya pun masih sama, masih syar'i. mungkin seperti ini yang disebut jujur ya. oh iya, sampe tulisan tangannya pun masih sama! semoga masih ketemu lagi yaa.

malem itu karna gue ga diijinin pulang, gue tidur di asrama doi. banyakkkkk banget yang gue liat disana. tiba-tiba inget mama yang dulu pas gue ama kembaran gue masih kecil dan hobby berantem, mama suka bilang, "berantem mulu, nanti mama masukin pesantren. tidurnya di asrama!" hahahaaa anak kecil, denger begitu, jelas tertanam banget di kepala gue kalo yang namanya pesantren tuh pasti orangnya galak-galak, asramanya ga nyaman, ga bisa maen nintendo ama sega, dan sebagainya. malem itu gue liat (untuk pertama kalinya) kayak apa kehidupan asrama. walopun pernah liat di tipi sebenernya, tapi itu kali pertama gue ngerasain langsung. beda banget loh. tanpa perlu diajarin, gue yakin siapapun yang tinggal disitu bisa belajar berbagi. dengan model satu kamar untuk tiga orang, satu tipi buat bareng-bareng, ada jam malem yang bikin kita dengan alami pasti peduli dan saling sayang sesama. bakalan khawatir kalo ada yang belom pulang, dan sebagainya. menurut gue itu bagus. bayangin kalo ada anak yang di didik dengan cara dipenuhi segala kebutuhannya, satu anak punya satu. masing-masing kamar ada tipi, masing-masing dibeliin laptop, masing-masing dikasih motor, seua masing-masing, mungkin bisa tumbuh jadi orang yang sulit berbagi, serakah, atau apa lah gitu.

pokonya malem itu banyak banget yang gue liat. gue selalu bisa belajar dari temen baik gue itu, mantan ketua osis yang briliant, ga pernah ga ranking satu, dan keseringan jadi juara umum. cowok manapun yang nikah ama dia ntar, dia pasti jadi cowok paling beruntung. gue berdoa semoga lo dapet jodoh yang sebanding baik dan ilmunya ama lo yah.. aamiin..

makasih olin..

missyoutwin!

malem ini entah kenapa gue kangen banget ama kembaran gue yang sekarang masih di jogja. kalo aja lo tau, gue rela deh kalo kudu belajar pemograman atau apapun buat bisa kerjain skripsi lo. beneran. gue pengen banget liat bokap lega tentang anak-anaknya. gue ga bakalan minta bayaran sebagai joki, gue ikhlas. seandainya gue bisa cepet belajar....

*intermezo* tiba-tiba ada yang manggil-manggil kartikaaa, kartikaaa, dan kasih toblerone white chocolate, milk chocolate, dark chocolate. bikin pipi makin berat aja nih -.-

yang jelas gue sayang banget ama nih si gendud atu. atu-atunya adek gue. sama kayak gue sayang ama kakak2 gue, kan sekarang gue punya dua kakak. ntar juga gue punya dua adek kalo si gendud ini punya istri. hehee. punya keponakan yang bisa gue usilin, enak kalii yah.. what a beautiful moment.. gue pingin banget cepetan punya keponakan. tapi gue kudu punya anak dulu nih kayaknya, jangan ampe anaknya si ndud lebih senior dari anak gue, bisa dibully ntar, hahahahaaa pikiran gueeeee astaghfirulloh...

deh, deh, suaranya si sandi sandoro tuh gimanaaa gituu, suka bikin ati jadi gimanaa gituu. ihhhh!!!!!!! si radio iniii ga mungkin gue tendang tapinya, kan gue udah tobat jadi preman. hahaa

dear Kartika,

sore, kaMU.

ini hari minggu kan, Kar? kenapa pake acara angkat telpon segala sih Kar... dua kali nelp bahasannya ujian tiga huruf pula.  bilang dong kalo kamu lagi kerjain sk-sk dan malah tambah egrimen *padahal kecil itu sih*. juga si monli yang emang ga dwibhasa tp in inglis ya sami mawon belepotan kan lo. oh iya, lo bilang dong, Kar, lo kan masih anak bawang, belom bisa apa-apa. minta jam dulu biar ga jadi anak bawang dan nurut buat ujian tiga huruf.



sore juga, yoU.

asal kaMU tau yaa. aku udah bilang begitu dari dua bulan lalu. entah apa dia memang tak pernah pandai berekspektasi, atau apa lah akU ga ngerti. sudah ya, akU mau lanjutin ini-ini.

langit kita, hujan kita, lari kecil kita, lari kencang kita, arah kita, dan bumi Allah.



Hei kamu. Kamu waktu SD dulu pernah belajar matematika ga sih. Kamu tau ga dua garis, itu bisa dua garis saling tegak lurus yang akan membentuk sudut siku-siku, bisa dua garis yang saling memotong seperti persimpangan yang akan membentuk sudut lebih kecil dan atau lebih besar dari sembilan puluh derajat, DAN BISA dua garis yang sejajar. 

Hemmm. Kamu tau ga, kayak apa dua garis yang sejajar itu? Itu loooh, dua garis yang ga saling memotong atau ga tegak lurus, ga saling bersimpangan, ga saling membentuk sudut baru. Tapi sejajar. Sepaham. Sejalan. Seiya. Sekata. #setdaaahhh apaan deh bahasa aku, hahaaa. 

Iya, memang dua garis. Dua. Tapi sejajar. Dua garis yang bisa saja memiliki nama yang berbeda, seperti garis A dan garis B, namun bisa saja memiliki satu tujuan. Hei, ingat, ini dua garis sejajar. Bukan tegak lurus. Dua garis ini searah. Kayak manusia kan. Kita bisa aja punya nama yang berbeda, bisa juga punya kegiatan yang berbeda, punya hobby yang berbeda, punya job yang berbeda, tapi bisa seiring. Sejajar. Dua garis berbeda, sama-sama pulang ke rumah yang sama dengan sebutan rumah kita, sama-sama berlari untuk satu tujuan yang sama. Masa depan. 

Kamu tau teori probabilitas? Teori ini emang ada rumusnya. Ah, tapi seberapa hebat sih rumus yang dibuat manusia? Aku percaya akan selalu ada campur tangan Allah, probabilitas. Ini yang hebat. Semisal masing-masing dari kita adalah hanya sebuah titik di bumi Allah, sejauh apapun, sekalipun kecil sekali probabilitas kita berada disatu titik yang sama dalam bumi Allah, tapi apa yang ga mungkin untuk Ia lakukan? Ah, ini kenapa aku selalu suka dengan teori yang satu ini. Probabilitas. Menantang, sekaligus bikin nambah semangat buat naklukkin tantangan itu. Sejauh apapun, sesulit apapun, selama niatnya bener, probabilitas itu selalu ada. Karena di bumi Allah, langit kita masih sama. 

Hemmm... Apa deh anak kecil sok ngomongin masa depan, tau apa sih aku. Ah, hujan selalu membawa rindu.

percayalah

percaya deh..
jadi provokator, jadi kompor, mementingkan sesuatu yang ga penting, itu ga membuat kamu jadi keliatan kece. ga bakalan bikin kamu berubah jadi seorang jagoan atau sejenisnya. bener deh. seenggaknya ga membuat kamu jadi terlihat kece dan jagoan di mata aku. entahah.


"Tuhan melunakkan hati seseorang, sehingga lebih lunak daripada kelunakan sebuah barang yang lunak, dan meneguhkan hati yang lain sehingga lebih keras daripada batu."

bisaaa...

akkkkkkkkkk... terbiasa dengan AUP, minta GA. eh sekalinya dapet GA, lakuin pemeriksaan atas nama **K RI. alhamdulillah buat nambah daftar pengalaman, dan berencana mau nyuri banyak ilmu :D semangaattt belajar! bismillah.. semoga lancar yang kali ini dan seterusnya.
pikir-pikir, kalo belajar lagi, belajar lagi, kapan aku nikahnyaaa.. hahahaa *emang udah pengen lo Kar? *bisa berubah hukumnya jadi wajib dah kalo udah pengen nikah siih *nahloh
begimane ceritanyee, pacar juga belom punya. ngenes banget ya kedengerannya. hahaa tapi emang gitulah kenyataannya.
hmm... kata sebagian orang, aku masih anak kecil. coba, gimana kalo dalam waktu deket tiba-tiba dateng deh si jodoh dan ngajak nikah, apa kata sebagian orang itu yaa. hahaa. aku udah gede tauu. walopun yaa bisa masak apa yaa akuu. dikit doang! tapi sepenuhnya yang aku paham adalah, ketika nanti suatu hari aku memutuskan untuk iya mau menikah dengan siapa, segala hak dan kewajiban atas status sebagai istri dan ibu adalah penuh melekat di aku. ya itu sebagian bekal aku. yaa mudah-mudahan dengan prinsip hak&kewajiban aku udah melekat, insyaAllah aku berputar pada porosnya. gitu analoginya.
ehhh, ini kenapa malah panjang ngomonginnya nikahnyaa Kar, si jodoh aja belom tau ada dimana, dg siapa, sdg berbuat apa. lah malah jadi kayak lagu.
yaudaa, semangat! semangat! aku ga tau kapan aku bakalan mati, jadi lakuin aja yang terbaik buat semua orang dan buat diri sendiri. semangat!

yes, you did all this thing

suatu hari...
aku akan pasti punya masa depan,
aku akan harus bahagia.
kamu akan pasti punya masa depan,
kamu akan harus bahagia,
mereka akan pasti punya masa depan,
mereka akan harus bahagia.
dan semua orang bahagia dengan masa depannya masing-masing,
atau bahkan masa depan bersama :)
dan ga akan ada lagi rasa marah dan saling menyalahkan,
apalagi satu kesalahan yang seolah menghapus sejuta kebaikan.

selamat pagi,
selamat tidur blogii.

uwoot?


dear you,

siapa cobaa you nya... hahaa. cuma pengen cerita ajah sii. sekali lagi aku tau, yang namanya gengsi itu ga akan bikin kita jadi makin pinter loh. beneran deh, hehee. karena aku percaya ama kalimat ini: "everyone is teacher", jadi ga usah malu belajar ke siapapun, toh apa yang bikin kita malu sih buat belajar. kalo nanti umur aku udah lebih dari lima puluh tahun, mudah-mudahan pikiranku yang satu ini masih aku pertahanin dan ga akan malu buat belajar ama anak umur dua puluh empat tahun. heheeee.... aku menang! kan udah aku bilang, pph 23 tuh ga bersifat final :p

ngomongin umur dua puluh empat, jadi inget ama kemaren. berasaaa banget jadi anak ingusan semeja ama orang yang umurnya diatas empat puluh semua, yang pengalaman dan jam nya pasti udah banyaakkkkk bangeetttt.. kalo pas desember kemaren semeja ama mereka (yang katanya) ga terlalu ngerti sak atau sap, lah ini semeja nya ama yang paham banget-bangetan, udah ngelotok dah tuh istilahnyee.. ngarep banget pinternya mereka bakal nular.

kalo dulu jula bilang; "gw rival ama ben cuma dilapang doang, diluar itu kita tetep temen". artinyaaa, mungkin aku bisa bilang; "pas satu meja bisa iya siih kita rival, rebutan 'makanan' sekarung, tapi bisa kalii diluar itu belajar bareng...". hahahaa terdengar ngarep banget deh.

kalo dulu si reja bilang; "jula muna banget sih ve, dilapang dia iya rival ama ben buat menangin pertandingan bola. diluar lapang sama aja rival juga elu taruhannya!". sialan emang nih orang, hahaa. tapi dari kalimat itu aku bisa berkaca, jangan-jangan orang-orang yang duduk semeja kemaren kalo denger kalimat aku juga bakalan bilang; "di meja tuh ruangan kita rival, apalagi diluar. ini tender, dek!". yakaliiikkkkk buat bayar cicilan alphard, hahahaa.. ini becanda loh sodarasodaraaaahh...

yipyip

dimana-mana tuh orang kalo abis sakit tuh keliatan jadi kurus. mana ada kayak akuu. hahahaaa... sebelom sakit aja turunnya sepuluh kilo (terdengar dahsyat ya aku turun sepuluh kilo), eh pas sembuh naeknya dua puluh kilo (udah ga terdengar dahsyat kan, tapi cetarrr membahanaa!) :((
makiiin makin gembullll. dan alhamdulillah deh tu coklat sekotak gede udah abis. kalo ga, bisa makin parah nih. tapi dengan tangan dan hati terbuka sih kalo dapet coklat ato eskrim tetep aja aku terima hahaa.
jadiiii, hari ini di kepala aku isinya materi pajak doang. udah deh cukup, tidur dulu yukk uda hampir pagi nih Kar...

ya?

AKKKKKKKKK!! parahh.... paraaaaahhhhh.......
bahkan bos ku aja bilang kalo aku idealis! apaan iniiiiii. kalo dulu orang yang bilang gitu adalah temen atau mantan, bahkan sampe orang yang baru kenal berapa menit doang di bis waktu perjalanan pulang dari jogja jaman dulu, sekarang bos ku bilang gitu?? apaaaaa niihhhh. karma kali yaa aku dulu suka ngatain tu orang idealis mampus alias idealis sampe mampus. o to the em to the ji. o em ji !

apa kabar tu orang idealis, semoga deh sehat dan gak doain macem-macem yang jelek buat akuu. hiks.

baiklah satu orang bilang aku idealis dengan santainya. satu orang bilang aku idealis dari jaman SMP. satu orang bilang aku idealis garis keras (ini aku ga percaya, kenal aja baru semenit gara-gara ngobrol di perjalanan). dan kemaren satu orang bilang aku idealis. fine, aku idealis. terus kenapa? udah yaaaa, udaaa, segitu ajaaa, jangan ada yang bilang lagi.

tapi kalo aku bilang pph 23 itu ga ada yang final, ya ga ada. pajak final itu ada di pasal 4 ayat (2) dan pasal 26, bukan pasal 23. pliiissssssss.
kalo dibilang bunga deposito itu final, ya itu ada di 4(2) bukan di 23. kalo konstruksi itu final ya ada di 4(2) bukan di 23. kalo dividen itu final ya ada di 26 bukan 23.
CMIIW deh plis plis, aku masih bego banget.
tapi kalo mau tanya masalah pajak-pajak, plis jangan bertanya pada browser di laptop anda, apalagi alamatnya adalah alamat blog. bertanyalah jika melalui browser di laptop anda, adalah ke alamat situs resmi perpajakan, atau bisa juga ke teman yang sudah lulus USKP seperti saya bertanya pada teman saya yang otaknya pinteerrrrrnya kebangetan :p

ini bukan idealis menurutku.
ga tau lah....