IPA vs IPS

February 11, 2008 [pindahan]






sebuah cerita, bukan dari negri dongeng, bukan bersifat fiksi,

iiiiiiiiiihh,,

jadi begini cerita singkatnya..

kan waktu itu gi kelas akuntansi pengantar..

nah, dosen gw yg baik hati itu menerangkan materi dengan baiknya dan sabarnya.. waktu beliau udah slese nyampein materinya,

"ada yang ingin ditanyakan?" kata dosen gw yang baik ituwh..

"ada bu!" kata salah satu anak, yang gw juga gak tau dia siapa..

nah, trus bertanyalah tu anak dengan jelasnya.. yah walo pun gw juga udah lupa dengan apa yang dia tanyain waktu itu.. maksud dia juga jelas lah.. dimana-mana kalo gak ngerti ya nanya! daripada ntar’y makin gak ngerti.. kan berabe tuh pas ujian..

tapi,

baru aja tu anak slese nanya dan belom juga sempet dosen gw jawab, tiba2 ada suara yang gak di undang bikin kuping gw sakit n nyelekit!

"cuma anak IPS yang tau..!" celetuk itu anak yang gw juga kaga tau deh dia itu siapa.. yang jelas gw tau pasti tu anak dulu’y IPS dan blagu abbis..

dosen gw gak ngehirauin trus langsung aja ngejawab pertanyaan yang tadi diajuin bwt beliau..

buset!!

ampe sekarang juga gw kaga tau syp anak yang udah nyeletuk bgitu bikin gw enek setengah mati..

lagian belom tentu juga yang nanya tuh anak IPA.. bisa aja kan tu anak IPS yang emang kaga ngerti.. secara gw anak IPA!

nah, sekarang kan semester’y udah berakhir..

gw maw kac taw nehh..

nilai mata kuliah akuntansi pengantar gw dapet A!!

neh liat!

gw anak IPA!

yang waktu UTS’y salah baca soal!

yang waktu UTS dapet nilai jelek!

tapi bisa dapet nilai akhir A!

dan kalo ada yang bilang anak IPA salah jurusan masuk k akuntansi, ya salah lah..

waktu gw ceritain, seorang ayah yang bijak bercerita..

"owh, dapet A yah? bagus donk.. padahal UTS’y jelek yah gara2 salah baca soal.." ayah yang baik hati itu mengawali kalimatnya..

"itulah de, kelebihan anak IPA.. makanya bapak pengen kamu masuk IPA.. cara berpikir anak IPA tuh emang lebih keren.. logikanya jalan.. proses menyerap materi lebih mudah.. sekarang bisa di liat kan hasilnya.. padahal kamu gak mempelajari akuntansi waktu di IPA, tapi kuliah nilai’y bisa dapet A.. itu kelebihannya.." sang ayah bercerita..

"yah gak salah jurusan kalo dulunya jurusan IPA trus masuk jurusan akuntansi.. yah dipikir aja.. kalo dulunya waktu SMA jurusan bahasa, emang susah masuk jurusan lain pas kuliah.. mending ambil jurusan yang berbau bahasa aja lagi atau sastra gitu.. trus kalo dulunya waktu SMA jurusan IPS, yah emang larinya k fakultas ekonomi ataw yg berbau deket2 situ lah.. tapi kalo dulunya waktu SMA jurusan IPA, jelas bisa masuk kemana aja.. toh emang dia bisa.. masuk akuntansi, misalnya.. bisa kan.. dan gak kalah bersaing sama anak IPS.. dulu aja, waktu jamannya bapak masih seumuran kamu, STAN, kamu tau STAN?" kata ayah yang dengan sabar menjelaskan..

"tau, tau! Sekolah Tinggi Akuntansi Negara kan?!"

"iya,, sekolah tinggi punya pemerintah itu.. dulunya kan STAN nerima’y cuma dari yang jurusan IPA aja.. yah udah keliatan lah dari situ, kalo emang anak IPA itu lebih unggul.." tambah sang ayah..

"dulu, temen2 bapak anak IPS, tapi mereka pada ke rumah terus minta di ajarin.. mending kalo beberapa mata kuliah aja.. ini sih hampir semua.. alesannya gak ngerti2 di terangin sama dosen.. tapi kenapa bapak ngerti? proses berpikir anak IPA terbukti kan?"

eeemph..

ya jelas lah..

dari cerita gw,

dari cerita seorang ayah yang gw temui beberapa hari lalu..

itu emang udah membuktikan!

haa..

mizz u dad . .

0 komentar pembaca:

Poskan Komentar