yang sampe mampus tuh belajar , bukan pertahanin idealis

aku tau kamu mungkin lemah , kamu mungkin hilang arah , kamu mungkin hampir mati . aku pengen menguatkan , aku pengen menunjukkan arah , aku pengen ngobatin .

membantu tanpa ada rasa apa pun , aku pengen . entah ini benci atau apa . tapi idealis kamu terlalu keras .

hei kemarin aku dapatkan suatu pelajaran lagi meski awalnya cuma hipotesis . temenku udah tiga kali gak lulus kompre , waktu pertama gak lulus aku pikir karena dia belom temuin cara yang tepat buat belajar . di ujian keduanya , dia gagal lagi , aku pikir mungkin karena dia agak kendur semangatnya karena yang pertama gak lulus . di ujian ketiga nya dia kembali gagal , aku pikir dia jenuh dan sedikit longgar untuk belajar . tapi selama proses itu aku tau dia terus belajar . awalnya hipotesisku menyebutkan bahwa caranya belajar kurang pas . artinya , ketika kita sudah mencoba berkali-kali dengan cara yang sama tapi belum berhasil , ada kemungkinan cara tersebut salah . jadi aku pikir buat ajak belajar bareng , pakai cara yang aku pakai dulu , siang atau malem belajar , sampe aku kekunci didalem kos nya , sampe gak enak sama bapak kos nya . dan alhamdulillah lulus di ujian keempat nya kemarin . ini pasti bukan karena aku , tapi karena usahanya sendiri dan faktor lain yang pasti juga ada lagi .

pelajaran dari sini adalah , hipotesis aku terbukti . ketika kita mencoba berulang kali dengan cara yang sama dan ternyata belum berhasil , maka kemungkinan besar cara tersebut kurang tepat . buat apa idealis sampe mampus kalo ternyata mudarat nya banyak , cobalah buat membuka pikiran .

0 komentar pembaca:

Poskan Komentar