variabel moderasi (moderating variable) VS variabel intervensi (intervening variable)

variabel moderasi dan variabel intervensi adalah dua variabel yang berbeda. kalo moderasi, itu variabel yang bisa memperkuat hubungan variabel independen dan variabel dependen. nah beda sama moderasi, kalo variabel intervensi tuh ya semacem variabel perantara atau berfungsi sebagai mediator. jadi misalkan gini, variabel independen berpengaruh secara tidak langsung melalui CSR disclosure terhadap variabel dependen. nah, CSR disclosure itu sebagai variabel interveningnya. dari pengertiannya aja, udah beda kan. dan udah pasti gambar modelnya juga beda, contohnya kayak gini :
  • variabel moderasi

  • variabel intervening
 nah, kalo udah liat modelnya, udah lebih jelas kan? jangan sampe kebalik dah tuh antara moderasi dan intervensi. kalo kebalik, ntar bisa-bisa kayak gw deh, ngulangin lagi tuh ngolah datanya, yang otomatis juga bab 3 nya dirubah juga. hiks huks, kapan gw lulusnyaaaaaaaaa. dan yang agak bikin gw bete adalah, yang menyebabkan itu kebalik tuh bukan gw. jadi gini, awalnya gw udah bener tuh, eh dosen pembimbing gw bilang salah, yaudah gw manut aja. eh pas gw udah olah data, baru ketauan deh kalo ternyata kebalik. yasudaaaaaaaaaahhhhhhhhh gw kerja keras lagi deh. gapapa, kan belajar. oh iya, cara ngujinya juga beda loh.
  • menguji yang ada var moderasinya
 misalkan judulnya gini: pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan CSR disclosure sebagai variabel moderasi. nah, kalo mau tau seberapa besar pengaruhnya, kan kita pake regresi, tapi sebelum diregresiin, kita kali kan dulu tuh variabel independen sama var CSR disclosure nya. banyak orang bilang, di kali kan nya diluar spss ajah. tapi yang lebih akurat, ne gw baca bukunya prof. Imam Ghozali, itu di kali kan nya di dalem spss. caranya kayak gini langkah spss nya: klik transform > compute variebel > trus lo masukin deh tuh perkaliannya disitu. tapi sori nih, gak pake gambar coz gw juga lagi buru-buru gituuuuu. nah setelah itu akan muncul tuh hasil perkaliannya, baru deh ntar lo regresiin, kalo pake spss itu ntar langkahnya analyze > regression > linier nah abis itu lo masukin deh tuh variabel dependen ke kolom yang dependen, trus variabel independen sama variabel yang hasil perkalian nya juga lo masukin ke kolom yang independen. jangan lupa, methodnya lo pake yang enter. yaudah, lo klik oke, trus muncul deh hasilnya. buat cara bacanya, gw yakin udah pada bisa. coz kalo udah maju penelitian alias skripsi, pasti udah lulus statistik, jadi pasti udah pada tau. oke?
  • menguji yang ada var intervensinya
 buat yang menguji intervening ntar dulu yah, bersambung dulu, coz lagi buru-buru nih gw.. see yaaaa

8 komentar pembaca:

linda mengatakan...

sangat membantu..kalau mau konsultasi online bisa g?

kartika diah mengatakan...

alhamdulillah kalo ada manfaat :D hehee.. aku online nya gak tentu waktunya mba, bisa add ke kartikadiahn (at) yahoo (dot) com . untuk olah data sedikit udah aku tulis di http://kartikadiah.blogspot.com/2012/05/olah-data-variabel-intervening.html

Anonim mengatakan...

mb,,ak kan lgi skripsi neh,,nah aku tuh ga sependapat ma dosenku tentang kuesionerku,,yg bener tuh kuesionernya dibuat per variabel ato satu kuesioner mencakup semua sih mb??mksh

kartika diah mengatakan...

kalo yg bener atau salah, cuma Allah yang Maha Tahu.. heheee... aku sih dulu gak pake kuesioner gitu, jadi gak begitu paham. setauku (dari kuliah metologi penelitian/metopel)dulu, kalo mau bikin kuesioner tuh berbentuk pertanyaan dengan menyediakan bebebrapa alternatif jawaban. nah jawaban yg kita sediakan ini sebisa mungkin berjumlah genap, tidak ganjil. kemudian, pertanyaan dibuat memang per variabel gitu, karena nantinya pas olah data kan memang diitung per variabel untuk dapat hasil. misal pertanyaan untuk variabel a ada berapa pertanyaan, untuk variabel b ada berapa pertanyaan, dst sampai dengan semua variabel dibuat pertanyaannya.
mohon maaf kalau masih kurang jelas yah, hehe
memang sebaiknya selain konsultasi dengan dosen pembimbing, ada baiknya juga kita konsultasi dengan dosen metopel atau dosen statistik misalnya untuk olah data. dulu saya begitu :)

Anonim mengatakan...

iya mb bener cuma Allah yg tau,,hihihi,,aku juga bikin pervariabel,,makasih infonya ya mb,, ^_^

kartika diah mengatakan...

siiiippp... sambil tanya sama dosen juga :D

sunny mengatakan...

variabel moderasi ngujinya pke GLM bisa ga?ga pke regresi,, ?? tanya ya mbak cantiikkk,, blzz hehehe

kartika diah mengatakan...

ini tulisan kapan, aku udah lupaa hehee.. GLM itu apa yah, buku-buku aku lagi dipinjem temen nih. kalo var.moderasi kan untuk menguji apakah var tsb dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara (minimal) dua variabel, gitu bukan.. judulnya penelitiannya apa nih?

Poskan Komentar