tak pernah setengah hati


Hati merupakan organ yang menopang kelangsungan hidup hampir seluruh organ lain di dalam tubuh[*]. bayangin deh, hampir seluruuuuuuuuhhhhhh.. berarti kalo gak punya hati, bisa gaswat banget yah. ckckckkk. jangankan gak punya hati, setengah hati aja udah gaswat banget kok, itu alasan kenapa kita gak boleh setengah hati. hehhee..


Kemampuan hati untuk melakukan regenerasi merupakan suatu proses yang sangat penting agar hati dapat pulih dari kerusakan yang ditimbulkan dari proses detoksifikasi dan imunologis. Regenerasi tercapai dengan interaksi yang sangat kompleks antara sel yang terdapat dalam hati, antara lain hepatosit, sel Kupffer, sel endotelial sinusoidal, sel Ito dan sel punca; dengan organ ekstra-hepatik, seperti kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, pankreas, duodenum, hipotalamus[*]. berarti, kalo hatinya rusak, harus dilakukan regenerasi hati yah? dan pasti gak gampang tuh prosesnya. maka dari itu, untuk siapapun, plis, jangan rusak hati saya yah.. saya gak tau, kalo hati saya rusak, masih bisa gak yah buat diregenerasi gitu..


Berbagai jenis tugas yang dijalankan oleh hati, dilakukan oleh hepatosit. Hingga saat ini belum ditemukan organ lain atau organ buatan atau peralatan yang mampu menggantikan semua fungsi hati. Beberapa fungsi hati dapat digantikan dengan proses dialisis hati, namun teknologi ini masih terus dikembangkan untuk perawatan penderita gagal hati[*]. nahloh, coba perhatikan dengan seksama, garis bawahi tuh, hingga saat ini belum ditemukan organ lain atau organ buatan atau peralatan yang mampu menggantikan semua fungsi hati. jadi sekali lagi, plis, jangan rusak hati saya yah..


kalo ternyata, pada saat saya menulis ini sekarang, ternyata hati saya udah hancur, gimanaaaaaaaaaaaaa?????



[*]http://id.wikipedia.org/wiki/Hati

0 komentar pembaca:

Poskan Komentar