tajwid penting, dan masih banyak lainnya yang gak kalah penting

wah berasa deh gunanya dulu mama maksa aku berangkat sekolah madrasah selepas aku pulang sekolah SD dulu, salah satunya belajar tajwid. kenapa kita perlu belajar tajwid? here we analyze :D

kita, sebagai umat Islam, berpedoman pada Al Quran dan hadist. seperti yang kita punya juga, Quran kita emang ada terjemahannya, tapi bacaannya tetap dalam bahasa arab kan yah (mengingatkan: tulisan Quran emang pake bahasa arab, tapi bahasa arab bukan bahasa Quran. ini gw inget banget apa kata guru gw di madrasah dulu). nah, karena tidak semua orang bisa bahasa arab, gak bisa langsung tau artinya gitu kan. dengan belajar tajwid, bisa bikin kita membaca Quran dengan benar, baik itu makhraj nya, harokat nya, dan sebagainya. karena kalau salah bacanya, artinya juga jadi beda kan nantinya. misalkan kalimat berikut: man jadda wajada. coba kalo kita salah baca jadi: man jada wajadda. tentu akan jadi berubah kan artinya. untuk contoh kalimat ini, tidak terlalu ekstrim perubahan artinya, guru saya pernah kasih contoh agak ekstrim, harusnya artinya adalah sesuatu yang bagus, karena kurang paham tajwid, jadi sesuatu yang jelek artinya. heemmm mungkin itulah salah satu alasan pentingnya belajar tajwid. hehee makasih mama.......

0 komentar pembaca:

Poskan Komentar