cuma sampah kok

mencuri adalah salah satu dosa yang tidak termaafkan, dosa terbesar yang dilakukan manusia.
kalau kau membunuh seorang pria, kau mencuri kehidupannya. kau mencuri seorang suami dari istrinya, merampok seorang ayah dari anak-anaknya. kalau kau berbohong, kau mencuri hak seseorang untuk mendapatkan kebenaran. kalau kau berbuat curang, kau mencuri hak seseorang untuk mendapatkan keadilan. tak ada tindakan yang lebih hina daripada mencuri.
[Baba pada Amir, dalam The Kite Runner - Khaled Hosseini]


waaa, jadi mungkin aku bisa sedikit mencontoh Khaled Hosseini untuk aku bisa bilang, kalau kau menyembunyikan sesuatu dari kedua orang tuamu, artinya kau mencuri hak kedua orang tuamu untuk mendapatkan kebenaran, kenyataan yang mungkin akan sulit diterimanya, yang mungkin akan membuatnya semakin menyesal jika terlambat tau, dan membuatnya merasa kehilangan apa-apa jika ia tau bukan dari mulutmu, atau yang lebih parah jika ia tau saat telah berbeda alam denganmu. berkata lah, dan minta maaf. tidak ada yang lebih hina dari seorang anak yang sampai hati merampok hak dari kedua orang tuanya, masih kurang kah baginya apa yang selama ini ia dapatkan.
seseorang bisa saja memiliki jutaan alasan untuk mencintai, bahkan untuk menyembunyikan kenyataan. jika ada kalimat syariat tidak bisa ditawar, maka, masih bisakah kamu menawar pada kewajaran dunia? Allahualam...

0 komentar pembaca:

Poskan Komentar